Untuk Moment Natal dan Tahun Baru

BI Siapkan Rp 101,1 Triliun

22

JAKARTA – Untuk memenuhi permintaan dan pemakaian uang pada perayaan Natal dan Tahun 2019 (Nataru 2019), Bank Indonesia (BI) menggelontorkan uang tunai sebanyak Rp 101,1 triliun.

Uang tunai tersebut meningkat 10,3 persen dibanding tahun lalu di periode yang sama yakni Rp 93,7 triliun.

“Uang tersebut cukup untuk memenuhi permintaan pusat maupun di daerah,” kata Gubernur BI Perry Warjiyo di Jakarta Kamis (20/12).

Dalam penggunaan uang di momen Natal dan Tahun Baru 2019, Perry meminta masyarakat untuk menggunakan uang non tunai. Hal itu demi menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti penipuan, penjambretan dan penodongan.

“Kalau terpaksa pakai tunai, ingat 5J. Jangan dilipat, jangan diremas, jangan dicoret, dan lain-lain. Lebih baik non tunai,” ujar dia.

Deputi Gubernur BI Rosmaya menjelaskan rincian penyebaran uang terbesar berada di Pulau Jawa sebesar Rp 28,4 triliun atau 28,15 dari total uang tunai yang disiapkan. Wilayah Indonesia Timur sebesar Rp 28,1 triliun atau 27,7%.

Sementara untuk wilayah Jabodetabek, uang tunai dialokasikan sebesar Rp 23,4 triliun atau 23,3% dari total uang tunai yang disiapkan. Kemudian di wilayah Sumatera sebesar Rp 21,2 triliun atau 21%.

“Adapun uang tunai yang disiapkan BI didominasi pecahan besar Rp 20 ribu ke atas yakni 98% dan sisanya 2% pecahan kecil,” pungkas dia. (din/fin)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.