Kenalkan Bank Sentral dan Sistem Pembayaran

BI Tingkatkan Kapasitas Pegawai Bank dan Pelajar

479
0
MENDAPAT HADIAH. Para pelajar SMK SMA yang mendapatkan hadiah dari Kantor Perwakilan Bank Indonesia Tasikmalaya dalam event Edukasi Keuangan dan Olimpiade Kebanksentralan 2018 pada Sabtu-Minggu (5-6/5).

TASIK – Mengenalkan bank sentral dan sistem pembayaran di Indonesia, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Tasikmalaya menggelar event Edukasi Keuangan dan Olimpiade Kebanksentralan 2018 di lantai 2 Mayasari Plaza, Sabtu dan Minggu (5-6/5).

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Tasikmalaya Heru Saptaji mengatakan event tahunan ini untuk mengedukasi publik soal keuangan dan kebanksentralan dari mulai kalangan pelajar dan pegawai bank se-Priangan Timur. “Melalui event ini diharapkan peserta bisa memahami secara baik tugas dan fungsi bank sentral sekaligus mengupdate perkembangan dari sisi ketentuan dan operasionalisasi perbankan,” jelasnya.

Para pegawai bank juga bisa semakin meningkatkan kapasitasnya melalui kompetensi ini. “Sasaran kegiatan ini juga adalah pelajar karena mereka merupakan generasi masa depan, jika generasi ini mempunyai pemahaman dan tingkat kepedulian yang tinggi mengenai bank sentral dan sistem pembayaran. Diharapkan mereka bisa menjaga stabilitas perekonomian Indonesia,” katanya.

Manager Unit Pengembangan Ekonomi Kantor Perwakilan Bank Indonesia Tasikmalaya Yusi Yuliana mengungkapkan event Edukasi Keuangan Dan Olimpiade Kebanksentralan ini diisi dengan Gerakan Edukasi Keuangan Melalui Kuis (Geulis), lomba cerdas cermat, serta kuis rangking 1. “Pertanyaannya seputar kebanksentralan, tugas dan wewenang BI, ciri-ciri uang rupiah dan sistem pembayaran,” ujarnya. Event ini diikuti peserta dari 30 bank dan 49 sekolah se- Priangan Timur. “Total hadiahnya lebih dari Rp 20 juta,” ujarnya.

Harapannya, dengan diadakannya kegiatan ini masyarakat lebih memahami peran dan fungsi Bank Indonesia. “Melalui event ini pula Bank Indonesia bisa lebih mendekatkan diri dengan masyarakat,” terangnya.

Juara 1 Kuis Geulis dimenangkan oleh BJB Banjar, juara 2 BTN Tasikmalaya dan juara 3 BNI Garut. Juara 1 Cerdas Cermat BRI Banjar, Juara 2 BJB Banjar dan Juara 3 Bank Mandiri Sutsen Tasikmalaya. Juara yel-yel yakni Bank Mega. Adapun Rangking 1 dimenangkan oleh BCA Garut.

Salah satu peserta yang menjadi pemenang Rangking 1 Desi Sintia mengatakan Edukasi Keuangan dan Olimpiade Kebanksentralan ini sangat bermanfaat untuk menambah pengetahuan dan kapasitasnya sebagai seorang pegawai bank.

“Saya senang dan bangga bisa jadi jadi juara 1, acaranya begitu seru dan sangat berbobot, semoga terus dilaksanakan,” ujar pegawai Bank BCA Garut. (na)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.