Biaya Potong Rumput Hanya 6 Juta Setahun

32

PANGANDARAN – Anggaran untuk pemotongan rumput di taman bahu jalan dan lapangan masih sangat minin. Anggaran yang tersedia di tahun ini hanya Rp 6 juta untuk satu tahun.

Kepala Bidang Kebersihan Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kabupaten Pangandaran Cucu Kurniawan mengatakan pemotongan rumput di taman dan lapangan dilakukan sebanyak empat kali dalam satu bulan.

”Anggaran kita saat ini baru ada Rp 6 juta untuk pemotongan rumput, sementara ada 11 titik yang harus kita kelola,” ungkapnya kepada Radar saat ditemui di ruangannya, Kamis (18/4).

Menurut dia, idealnya anggaran pemotongan rumput untuk satu taman memerlukan biaya sebesar Rp 12 juta, jika diakumulasikan totalnya mencapai Rp 150 juta untuk satu tahun. ”Memang masih sangat jomplang,” ujarnya.

Ia pun terpaksa memutar otak, bagaimana caranya membagi-bagi anggaran sebesar Rp 6 juta, untuk 11 titik. ”Kalauk alat pemotongnya kita sudah memiliki,” terangnya.

Menurut dia, setiap ada kegiatan besar di lapangan, pihaknya harus mengeluarkan cost pemotongan rumput. ”Misalkan festival layang-layang di Katapang Doyong, mau tidak mau kita harus ikut membereskan,” jelasnya.

Dia menjelaskan beberapa taman saat ini masih ada yang dikelola oleh pihak ketiga, seperti taman PCS dan Taman Makam Pahlawan. Namun beberapa bulan ke depan, pengelolaan taman tersebut akan diserahkan kepada pemkab. ”Bukan hanya potong rumput saja, tapi pengelolaan secara keseluruhan,” katanya.

Menurutnya, kerapihan dan kebersihan taman menjadi suatu tuntutan bagi Pangandaran sebagai wilayah tujuan wisata.

”Termasuk Lapangan Merdeka, sebagai etalase Kabupaten Pangandaran. Rencananya sih lapang itu akan diperbaiki ke depan,” jelasnya.(den)

loading...
BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.