Beranda Rakyat Garut Biaya Tes Calon Ditanggung KPU

Biaya Tes Calon Ditanggung KPU

BERBAGI
Hilwan Fanaqi

TAROGONG KIDUL – Enam pasangan calon bupati dan wakil bupati Garut menjalani tes urine di Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung. Terdiri dari dua pasangan jalur perseorangan dan empat paslon usungan partai politik.
Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Garut Hilwan Fanaqi mengatakan biaya tes kesehatan enam pasang peseta Pilkada ini ditanggung seluruhnya oleh KPU. Namun, untuk besarannya dia mengaku kurang begitu tahu karena harus melihat di bagian keuangan.
“Seluruh biaya pemeriksaan enam pasangan calon ini semuanya ditanggung oleh KPU,” kata Hilwan kepada wartawan Kamis (11/1).
“Besarannya ada, tapi saya tidak hafal berapa besarnya. Yang jelas biaya pemeriksaan dianggarkan oleh KPU,” sambungnya.
Hilwan menuturkan pemeriksaan kesehatan yang dijalani para pasangan calon meliputi tes urine, rontgen paru-paru dan pemeriksaan kejiwaan. Kemudian pemeriksaan berikutnya meliputi syaraf hingga jantung. “Pemeriksaan kesehatan ini menjadi syarat bakal calon sebelum nanti akhirnya ditetapkan sebagai calon,” terangnya.
Hilwan menambahkan KPU Garut nantinya akan menerima rekomendasi dari tim medis terkait hasil pemeriksaan kesehatan para calon.
“Jadi nanti, tim dokter yang akan merekomendasikan boleh dan tidaknya calon ikut pilkada. KPU hanya menerima rekomendasinya, bukan hasil pemeriksaan,” paparnya. (yna)

loading...