Sembilan Pelajar MTs Mewakili Ciamis

Bidik Prestasi Kompetisi Sains Jabar

203
0
SERAHKAN PENGHARGAAN. Ketua KKM MTs Kabupaten Ciamis Drs Dadang Mulyana MPd (kanan) menyerahkan sertifikat penghargaan kepada peraih juara KSM di MTs Negeri 15 Ciamis, Sabtu (20/7). FATKHUR RIZQI / RADAR TASIKMALAYA

CIJEUNGJING – Kelompok Kerja Madrasah (KKM) MTs Kabupaten Ciamis mengadakan Kompetisi Sains Madrasah (KSM) untuk meningkatkan mutu pendidikan pada Sabtu (20/7). Dari kompetisi ini sudah ada sembilan murid yang akan mewakili Kabupaten Ciamis untuk mengikuti KKM MTs tingkat Provinsi Jawa Barat pada Agustus mendatang.

KSM tersebut diikuti 287 peserta dari 97 MTs negeri dan swasta. Mereka berkompetisi untuk bidang ilmu pengetahuan alam (IPA) terpadu, ilmu pengetahuan sosial (IPS) terpadu, dan matematika terintegrasi. Ketiga mata pelajaran tersebut mesti diintegrasikan dengan pendidikan agama Islam (PAI).

Ketua KKM MTs Kabupaten Ciamis Drs Dadang Mulyana MPd menyatakan, KSM merupakan bentuk peningkatan mutu pendidikan sains di madrasah secara menyeluruh. Kompetisi ini dapat menumbuhkembangkan budaya belajar, kreativitas, dan motivasi meraih prestasi terbaik yang menjunjung tinggi sportivitas dan nilai-nilai Islam.

KSM juga mewadahi kiprah para pelajar di bidang sains. Pelajar didorong untuk selalu meningkatkan kemampuan intelektual, emosional, dan spiritual berdasarkan nilai-nilai agama. “Berdampaknya meningkatkan ilmu pengetahuan dan saling bersaing untuk meningkatkan kualitas pendidikan di kalangan sekolah madrasah dan sekolah sederajat lainnya,” kata dia kepada Radar, Sabtu (20/7).

Dari KSM kali ini, kata dia, sudah ada sembilan orang yang akan melaju ke KSM tingkat Jabar. Kesembilan orang itu dibagi ke dalam tiga kelompok untuk mengisi tiga mata pelajaran yang dilombakan, yakni IPA terpadu, IPS terpadu dan Matematika terintegrasi.

“Kita mengambil dari juara 1 sampai 3 siswa madrasah untuk mewakili KSM MTs tingkat Kabupaten Ciamis 2019. Berarti ketika ada tiga mata pelajaran, maka yang akan berangkat ke KSM MTs tingkat Provinsi Jawa Barat di Kabupaten Cianjur ada sembilan orang,” ujar dia.

Dia berharap, perwakilan dari Ciamis bisa meraih prestasi yang lebih baik pada KSM Jabar 2019 dibanding 2018. Pada KSM tahun lalu, ada perwakilannya yang menjadi juara ketiga. “Saya menginginkan dari sembilan perwakilan ini, bisa ada yang lolos ke tingkat KSM MTs tingkat nasional,” katanya.

Peraih Juara 1 Bidang IPA Terpadu dari MTs Negeri 15 Ciamis, Ninda Nurul Fauziah merasa senang dan tidak menyangka akan mewakili Kabupaten Ciamis ke KSM MTs Tingkat Provinsi Jawa Barat. Dia akan berusaha meningkatkan ilmu pengetahuannya di bidang IPA agar mem­bang­gakan orang tua, sekolah dan Kabupa­ten Ciamis.

“Per­juangan selama ini men­dapatkan hasil baik. Maka, dengan ini akan mening­katkan belajar bersama pem­bimbing guru IPA agar men­dapat­kan juara pertama lagi di KSM MTs Tingkat Provinsi Jawa Barat,” ucapnya.

Guru pembimbing Ninda Nurul Fauziah, Desi Sri Widianti SPd MPd menyatakan akan melaksanakan pembinaan intensif menjelang KSM tingkat Jabar. “Bobot soal KSM MTs tingkat provinsi berkaitan dengan teori dan keterampilan sehingga kita membuat mapping agar metode belajar lebih mudah dan dipahami,” kata dia. (mg1)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.