Binmas Polda Jabar Bertemu Linmas, Karang Taruna & Ormas Kota Banjar, Ini yang Dibicarakan..

194
0
SILATURAHMI. Perwakilan tokoh agama, masyarakat, anggota linmas dan Karang Taruna Banjar mengikuti silaturahmi dan tatap muka dengan Subdit Binpolinmas Dit Binmas Polda Jabar Kamis (17/9). Anto Sugiarto / Radar Tasikmalaya. Anto Sugiarto / Radar Tasikmalaya
SILATURAHMI. Perwakilan tokoh agama, masyarakat, anggota linmas dan Karang Taruna Banjar mengikuti silaturahmi dan tatap muka dengan Subdit Binpolinmas Dit Binmas Polda Jabar Kamis (17/9). Anto Sugiarto / Radar Tasikmalaya. Anto Sugiarto / Radar Tasikmalaya

KASUBDIT Binpolmas Dit Binmas Polda Jawa Barat AKBP Lilies Mulyani didampingi Kasat Binmas Polres Banjar AKP Suharno melakukan tatap muka dengan perwakilan anggota Linmas, Karang Taruna, tokoh agama, organisasi kepemudaan dan lainnya di Aula Setda Kota Banjar, Kamis (17/9).

AKBP Lilies Mulyani ingin mengenal lebih dekat potensi masyarakat di Kota Banjar. Karena mereka mempunyai kemampuan untuk membantu tugas Polri di lapangan.

“Jadi dengan adanya kedekatan antara Polri dengan potensi masyarakat ini diharapkan mereka lebih membantu lagi tugas kepolisian untuk ikut memelihara keamanan, ketertiban masyarakat minimal di lingkungan tempat tinggalnya, apalagi di pandemi Covid-19 saat ini,” ujar dia kepada wartawan.

Baca juga : Ruko di Kota Banjar Terbakar, Polisi Lakukan Investigasi

Saat ini, menurutnya, jumlah anggota polisi masih sangat terbatas. Namun untuk di wilayah Banjar sudah bagus karena sesuai ketentuan kapolri: satu kelurahan atau desa itu ada satu bhabinkamtibmas.

Banjar terdapat 25 desa/kelurahan dan itu sudah lengkap ada satu orang bhabinkamtibmas. Berbeda dengan polres lain, karena seluruh di Jawa Barat ini jumlah desanya itu ada sekitar 5.634.

“Sementara jumlah bhabinkamtibmas-nya masih sekitar 4.300. Jadi jumlah bhabinkamtibmas-nya sendiri masih kurang sekitar 1.200 orang lebih,” tandasnya.
Satu bhabinkamtibmas, kata perwira menengah itu harus melayani warganya antara 5.000 sampai 6.000. Sementara itu standar PBB idealnya satu orang polisi itu melayani 350 orang.

Maka, terang dia, dengan adanya tatap muka ini, masyarakat diharapkan ikut menjaga kamtibmas di lingkungan tempat tinggalnya. “Minimal dengan mengaktifkan siskamling dan diharapkan tindak pidana tidak terjadi atau diminimalisir,” tegasnya.

Baca juga : Studi Kelayakan Proyek SAB Balokang Patrol Kota Banjar Dipertanyakan

Di masa pandemi Covid-19, kata dia, tokoh masyarakat harus bisa menjadi panutan bagi masyarakat lainnya. Minimal menerapkan protokol kesehatan agar terhindar dari penularan virus corona.

Ketua Karang Taruna Kota Banjar Agus Sumitra menambahkan, tatap muka dengan kepolisian diharapkan menumbuhkan sinergitas antara masyarakat dengan Polri. Apalagi dalam menekan penyebaran Covid-19 di Kota Banjar.

“Kita ingin normal kembali seperti biasa, namun pandemi Covid-19 belum usai. Maka dari itu mari bersama-sama disiplin menerapkan protokol kesehatan, agar bisa ditekan penyebarannya,” ujarnya. (nto)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.