Siapa calon Bupati Tasikmalaya pilihan anda?

0.2%

2.4%

54.4%

6.9%

0.7%

13%

0%

22.4%

0%

Bintang Sains Bentuk Karakter Siswa

26
0
SIAP BERJUANG. Kepala SDN Citapen Kota Tasikmalaya Ene Rosidah SPd MPd (kiri) bersama guru dan siswa semangat menjadi juara kompetisi Bintang Sains. FATKHUR RIZQI / RADAR TASIKMALAYA

TASIK – Sekolah Dasar Negeri (SDN) Citapen Kecamatan Tawang Kota Tasikmalaya mendaftarkan 20 siswanya untuk mengikuti kompetisi Bintang Sains 2019. Tujuannya untuk meningkatkan kecerdasan dan pembentukan karakter siswa.

Kepala SDN Citapen Ene Rosidah SPd MPd mengatakan kompetisi Bintang Sains ini dapat mewadahi dan memfasilitasi siswanya yang menyukai bidang MIPA sehingga dapat mengasah otak. Maka, sambungnya, bisa memacu kualitas mutu pendidikan yang ada di SDN Citapen.

“Dengan diikutkan pada lomba Bintang Sains, dapat menggali sejauh mana kemampuan mereka di bidang sains. Selain itu memotivasi siswa untuk berfikir kreatif dan inovatif,” katanya kepada Radar, Selasa (3/12).

Bintang Sains juga ajang penanaman pendidikan karakter yaitu kerja sama, percaya diri, tanggung jawab, kerja keras serta menanamkan sportivitas. Maka dari itu, Ia mengapresiasi lomba sains ini karena dapat membuka kesempatan bagi semua siswa tanpa sekat apapun.

“Nantinya pendidikan karakter ini akan tumbuh,” ujarnya. Di samping itu, dengan mengikuti kompetisi siswa juga dapat menjalin silaturahmi dengan siswa SD Se Kota Tasikmalaya. “Anak-anak bisa belajar bersosialisasi dan berkomunikasi,” katanya.

Lomba Bintang Sains ini juga dapat dijadikan pengalaman bagi siswa serta bahan evaluasi mengetahui sejauh mana kualitas sekolah.

Guru Pembimbing Matematika Tati Heryati SPd MPd menjelaskan pendalaman materi dan latihan untuk kompetisi Bintang Sains sudah diberikan, seperti belajar matematika setiap Rabu dalam kegiatan ekstrakurikuler. Sehingga siswa lebih siap mengikuti lomba MIPA ini.

“Hasil kompetisi sains tersebut juga sebagai analisa kita, dan yang terpenting anak-anak bisa termotivasi untuk belajar,” katanya.

Guru Pembimbing IPA Yeni Risnawati SPd mengatakan dalam menghadapi kompetisi Bintang Sains, siswa juga dikuatkan mentalnya agar siap berkompetisi dan diberikan semangat belajar. “Saya berusaha menularkan sikap optimis kepada siswa,” katanya. (riz)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.