Bintang Sains Bentuk Siswa Berkarakter

99
0
BERSEMANGAT. Kepala SDN Perumnas Cisalak Ade Rastuti SPd bersama guru dan siswa SDN Perumnas Cisalak antusias menyambut kompetisi Bintang Sains 2019. FATKHUR RIZQI / RADAR TASIKMALAYA

TASIK – Sekolah Dasar Negeri (SDN) Perumnas Cisalak Kecamatan Cipedes Kota Tasikmalaya mengirimkan 10 siswanya untuk mengikuti Bintang Sains 2019. Kompetisi yang digelar Radar Tasikmalaya Group ini sangat positif dalam membentuk karakter siswa.

Kepala SDN Perumnas Cisalak Ade Rastuti SPd mengatakan Bintang Sains lebih dari sekedar kompetisi, Bintang Sains mampu membangkitkan potensi siswa dan membentuk karakter.

“Dengan mengikuti Bintang Sains siswa dituntut menjadi orang yang disiplin waktu dan lebih bertanggung jawab. Selain itu dapat meningkatkan sinergi antara guru dan orang tua siswa,” katanya kepada Radar, Selasa (26/11).

Target yang ingin dicapai sekolah, sambungnya, tak hanya sekedar prestasi tapi adanya peningkatan perilaku baik di kalangan siswa serta peningkatan kualitas guru. “Ketika siswa berkompetisi, otomatis guru juga terpacu untuk meningkatkan kompetensinya untuk memberikan pelayanan terbaik kepada peserta didiknya,” ujarnya.

Ia menceritakan, ketika ada kompetensi Bintang Sains, pihak sekolah ber­­ko­munikasi dengan orang tua siswa dan men­dapat­kan respons positif. Banyak orang tua yang men­dukung anaknya mengikuti Bintang Sains tersebut.

Guru SDN Perumnas Cisalak Tenia Mudhia Khalistiana SPd menjelaskan kompetisi Bintang Sains dapat membangkitkan semangat siswa untuk mempelajari sains. “Jadi guru ini sebagai fasilitator dalam menggali bakat siswa dalam mengukur kemampuannya mereka di bidang matematika dan IPA (MIPA),” katanya.

Loading...

Guru SDN Perumnas Cisalak Yaya Heryati SPd mengatakan, dalam mempersiapkan siswa berkompetisi di Bintang Sains, setiap harinya diadakan latihan soal-soal matematika dan IPA (MIPA). “Dengan adanya Bintang Sains, saya memilih 10 siswa yang terbaik dan sekaligus menyiapkan siswa ung­gulan untuk mengikuti Olimpiade Sains Nasional (OSN) tahun depan,” katanya. (riz)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.