Bintang Sains Tambah Wawasan Siswa

129
0
BERPARTISIPASI. Kepala SDN Pahlawan Ujang Rusmana SPd MM (tengah) bersama siswa dan guru bersemangat menyambut kompetisi Bintang Sains 2019. Pihaknya mengirimkan 21 peserta. Ujang Nandar / Radar Tasikmalaya

TASIK – Sekolah Dasar Negeri (SDN) Pahlawan di Jalan Taman Pahlawan Nomor 18 Cikalang Kecamatan Tawang Kota Tasikmalaya mengirimkan sebanyak 21 siswa untuk mengikuti kompetisi Bintang Sains yang digelar Radar Tasikmalaya Group.

Kepala SDN Pahlawan Ujang Rusmana SPd MM menyatakan siswa yang dikirimkan menjadi peserta tersebut merupakan siswa pilihan. Mereka masuk peringkat 10 besar di kelasnya masing-masing.

“Itu sudah berdasarkan data dari guru kelas masing-masing, dan semuanya terbilang berprestasi,” katanya kepada Radar, Jumat (29/11).

Menurutnya, juara bukan satu-satunya target, yang lebih utama memberikan pengalaman dan wawasan kepada siswa melalui kompetisi Bintang Sains. “Kalaupun nanti menjadi juara itu sebagai hadiah bagi anak,” katanya.

Menurutnya, Bintang Sains itu sangat bagus untuk menambah wawasan siswa dan menumbuhkan karakter siswa yang bertanggung jawab. “Mudah-mudahan saja setelah mengikuti Bintang Sains ini siswa bisa lebih bertanggung jawab,” harapnya.

Untuk pembinaannya, kata ia, nantinya akan melibatkan guru kelas. Setelah pulang sekolah ada waktu satu jam pelajaran untuk latihan soal-soal sains. “Kami juga akan melibatkan orang tua siswa, agar ada pembinaan di rumah masing-masing,” katanya.

Guru Kelas 5 B SDN Pahlawan Wita Novitasari SPd mengatakan, ia dan rekan guru lainnya akan mempersiapkan mental siswa agar siap menghadapi soal-soal yang diberikan panitia. “Mental yang utama. Kompetisi ini sama dengan belajar, tapi di luar kelas,” kata dia.

Siswa akan dilatih dengan materi soal sains kelas 4 dan 5. Latihannya dilakukan di luar jam pelajaran setelah pulang sekolah. “Mudah-mudahan anak mampu menguasai materi yang kami berikan,” katanya.

Tambah dia, dalam Bintang Sains ini, anak dipersiapkan untuk mencari pengalaman baru dan tantangan baru. “Juara hanya bonus,” kata dia.

Guru Kelas 5 A SDN Pahlawan Risma Prasasti MPd menambahkan, selain memberikan pelatihan soal, guru juga tentunya memberikan semangat kepada siswa agar siap berkompetisi. “Siswa selalu diberikan motivasi,” ujarnya.

Orang tua siswa Leni menjelaskan, ia mengikutsertakan anaknya ke ajang Bintang Sains untuk memberikan pengalaman dan pembelajaran baru bagi anaknya. “Semoga anak semakin giat belajar dan berprestasi,” katanya.

Orang tua siswa Hj Lita menyambut baik kompetisi Bintang Sains yang diselenggarakan oleh Radar Tasikmalaya Group.

“Nantinya akan menjadi pengalaman yang bagus. Anak bisa belajar bersosialisasi dan melatih jiwa sportivitas,” katanya. (ujg)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.