Bis Pariwisata ke Situ Panjalu Ciamis Terbakar, Penumpang Berhamburan

13306
0

CIAMIS – Diduga koslet di bagian mesin, Bis Pariwisata Nopol D 7811 AC, yang membawa rombongan Ziarah menuju Situ Panjalu Kabupaten Ciamis, terbakar, Minggu (15/12) sekitar pukul 13.00.

Peristiwa terjadi di Jalan Raya Panawangan-Cirebon Dusun Manis RT 05/06 Desa Cinyasag Kecamatan Panawangan Kabupaten Ciamis.

Diketahui, bis dikemudikan Holiqul Makmur (35) warga Pasir Tangkil RT 13/05 Kecamatan Kalapanungal Kota Bogor.

Beruntung tidak ada korban jiwa, semua penumpang berhasil menyelamatkan diri, dan kerugian mencapai jutaan rupiah, bagian mesinya terbakar.

Namun, peristiwa sempat membuat para peziarah panik dan berhamburan menyelamatkan diri.

Kasubag Humas Polres Ciamis Hj Iis Yeni Idaningsih membenarkan adanya kejadian kebakaran bis pariwisata pengakut rombongan ziarah tujuan ke Sutu Lengkong Panjalu.

Dari hasil pengecekan di lokasi kejadian oleh anggotanya, serta keterangan dari sopirnya, bahwa mobil pariwisata itu tujuanya hendak ke Situ Lengkong Panjalu.

Namun saat di Jalan Raya Panawangan, tepatanya di Dusun Manis Desa Cinyasag Kecamatan Panawangan, mesin mendadak mati dan mengeluarkan asap.

Kemudian, sopir menyarankan semua penumpangnya untuk turun dari bis. “beryukur semua penumpang berhasil menyelamatkan diri. Sopir dan kernet memadamkan mesin di bagian belakang. Namun api membesar dan membakar mesin. Warga sekitar sempat memberikan pertolongan, hingga api bisa dipadamkan,” ujar Iis saat dihubungi Radar.

“Hasil pemeriksaan, kebakaran kemungkinan dari mesin over heat, atau akibat kosleting kabel bodi dan kabel aki mobil, hingga keluar percikap api lalu membakar mesin,” jelas Iis.

Iis menerangkan, untuk seluruh penumpang dipindahkan ke bis pariwisata lain. “Untuk kejadian itu diduga karena faktor mesin, kurang pengecekan dulu saat berangkat. Kami imbau sebelum berangkat, alangkah baiknya cek terlebih dahulu agar lebih aman dan nyaman berkendara, ” ucapnya.

(iman sr)

loading...
Halaman

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.