BNI Cabang Tasik Permudah Layanan di Pedesaan

16

Siapa Presiden Pilihan Mu ?

TASIK – PT Bank Negara Indonesia (BNI) Cabang Tasikmalaya menggelar sosialisasi dan edukasi inklusi keuangan kepada Komunitas Toko Kelontong Tenjo Laut di Gedung Dakwah Islamiyah Kecamatan Bantarkalong Kabupaten Tasikmalaya Rabu (17/10). Sosialisasi juga digelar di SMK Negeri Bantarkalong dengan peserta pelajar SMK.

Head of Consumer Banking BNI Wilayah Bandung Basaria Martha mengatakan, sosialisasi ini dalam rangka Bulan Inklusi Keuangan Nasional 2018. Untuk wilayah Jawa Barat, sosialisasi tersebut dilaksanakan di Tasik Selatan, terlebih BNI mempunyai outlet di Karangnunggal yang baru berdiri dua tahun.

“Kadang masyarakat pedesaan tidak mau ke bank karena tidak mau ribet dan jarak yang jauh. Nah, saat ini BNI mempunyai program Agen 46 untuk memfasilitasi nasabah di pelosok. Jadi masyarakat pelosok ini walau tidak ke bank bisa mendapatkan pelayanan bank, melalui agen tersebut,” jelas Basaria.

Di Agen 46 ini nasabah bisa membuka rekening tanpa harus ke kantor bank langsung. Agen BNI 46 adalah pihak ketiga yang bekerjasama dengan BNI dalam menyediakan layanan perbankan kepada masyarakat dalam rangka keuangan inklusif yang dapat berupa layanan laku pandai, layanan keuangan digital dan e-payment. “Keberadaan Agen 46 merupakan bagian dari edukasi kepada masyarakat untuk mengenal perbankan,” katanya.

Program Agen 46 ini merupakan bagian dari gerakan masyarakat bertransaksi secara non tunai yang digagas oleh Bank Indonesia dan OJK.

Dalam sosialisasi ini, sambungnya, BNI juga menarik minat ibu rumah tangga maupun pemilik toko kelontongan untuk menjadi Agen 46. Syaratnya tidak rumit.

Syarat menjadi agen adalah WNI, memiliki tabungan di BNI, memiliki kemampuan menggunakan smartphone atau komputer.

Dijelaskannya, keuntungan menjadi Agen 46 adalah mendapatkan penghasilan tambahan berupa fee dari BNI dari setiap transaksi yang dilakukan seperti pembukaan rekening, setor, tarik, transfer dana, pembelian pulsa telepon, pembayaran BPJS, PDAM, tiket dan lain-lain.

Dengan menjadi agen BNI 46 itu, sambungnya, berarti menjadi kepercayaan BNI untuk melayani transaksi perbankan di masyarakat. “Kegiatan itu tidak hanya sosialisasi, BNI juga memberikan rekening tabungan kepada 50 ibu rumah tangga yang hadir, rekening sudah diisi saldo Rp 100 ribu,” katanya.

Peserta sosialisasi juga diberikan  pemahaman mengenai agen partner, dari mulai cara membuat rekening, penarikan saldo, menabung dan transfer, membeli pulsa, membayar angsuran kredit dan lain-lain.

Camat  Bantarkalong Muhtar Kharuman mengapresiasi kegiatan sosialisasi yang dilaksanakan oleh BNI, terlebih inklusi dan literasi masyarakat pedesaan terhadap perbankan masih rendah.

“Mudah-mudahan ini menjadi suatu terobosan di masyarakat agar mereka terbiasa mengakses layanan perbankan untuk pengelolaan keuangannya,” tandasnya. (ujg)

CALEG KITA

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.