BNI Membangun Unit Penggilingan Beras di Leles Garut

16
KERJA SAMA. Bupati Garut H Rudy Gunawan dan pejabat BNI serta pihak terkait usai penandatanganan nota kesepahaman pembangunan unit penggilingan beras atau rice milling unit (RMU) di Desa Leles Kecamatan Leles Selasa (30/10). (Yana Taryana / radartasikmalaya.com)

Siapa Presiden Pilihan Mu ?

LELES – PT Bank Negara Indonesia (BNI) membangun unit penggilingan beras (rice milling unit/RMU) di Desa Leles Kecamatan Leles. Pembangunan RMU ditandai dengan peletakan batu pertama oleh Bupati Garut H Rudy Gunawan Selasa (30/10).

CEO BNI Wilayah Bandung Afien Yuni Yahya mengatakan pembangunan RMU di Desa Leles ini merupakan program CSR yang diberikan BNI kepada Gapoktan dan Desa Leles.

“Kami bangun RMU ini untuk menyerap produksi padi di wilayah Leles dan Kadungora,” terangnya kepada wartawan, kemarin.

Menurut dia, RMU ini nantinya akan dioperasikan oleh Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Tani Jaya bersama Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di wilayah itu, yakni PT MDBI.

“Ini kan tanahnya milik desa. Jadi pengelolaannya juga akan dilakukan Gapoktan dan BUMDes, bukan oleh kami,” terangnya.

Menurut dia, RMU sengaja dibangun di wilayah ini untuk menyerap padi dari para petani yang ada di Kecamatan Leles dan Kadungora.

“Nantinya, RMU ini akan mengolah gabah kering hasil panen menjadi beras berkualitas. Jadi para petani di sini memperoleh nilai tambah, yang menguntungkan bagi petani juga,” terangnya.

Setelah RMU ini berjalan, kata dia, ke depannya jika para petani di wilayah ini membutuhkan biaya untuk mengolah lahan pertanian, BNI sudah menyiapkan anggaran untuk pinjaman kepada para petani di wilayah ini.

“Selain memberikan fasilitas RMU, BNI juga memberikan fasilitas pinjaman kepada para petani,” terangnya.

Afien mengatakan, pembangunan RMU melalui CSR BNI untuk di Jawa Barat ini hanya dipusatkan di Kecamatan Leles Kabupaten Garut. Karena wilayah tersebut merupakan salah satu lokasi penghasil padi di Kota Dodol ini.

“Ini salah satu pilot project kami untuk Jawa Barat. Diharapkan bisa terus berkembang dan bermanfaat bagi para petani,” jelasnya.

Bupati Garut H Rudy Gunawan mengapresiasi CSR pembangunan RMU di Desa Leles dari BNI.

“Ini sangat bagus sekali. RMU ini besar dan bagus,” pujinya.

Dalam kerja sama antara BNI, Gapoktan dan BUMDes Leles ini, kata dia, BNI tidak hanya memberikan bantuan RMU saja, tetapi dari mulai manajemen, pengelolaan sampai kredit ringan untuk para petani di lokasi ini.

Rudy mengatakan bantuan RMU dari CSR BNI sangat membantu petani. Pasalnya dalam satu tahun, Kabupaten Garut ini menghasilkan 1 juta ton padi.

“RMU yang akan dibangun sekarang itu besar. Jadi bisa menampung hasil panen para petani,” terangnya. (yna)

CALEG KITA

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.