BNN Kota Tasik dan Polisi Mendadak Tes Urine Penghuni Lapas, Ada Apa?

130
0
radartasikmalaya.com
Petugas mengumpulkan sample urine para Napi Lapas Kelas IIB Tasikmalaya, Jumat (16/10) siang. rezza rizaldi / radartasikmalaya.com

KOTA TASIK – Para penghuni Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Tasikmalaya mendadak kaget ketika BNN dan Satnarkoba Polresta Tasikmalaya melakukan tes urine, Jumat (16/10) siang.

“Ini rutinitas kami minimal sebulan sekali telah dijadwalkan tes urine ini kepada warga binaan khusus kasus narkoba,” ujar Kepala Satuan Pengamanan Lapas Kelas IIB Tasik, Redi Agian kepada radartasikmalaya.com.

“Tujuannya adalah mengantisipasi dan mencegah jangan sampai ada peredaran ataupun penyalahgunaan obat terlarang di Lapas Tasikmalaya,” sambungnya.

Maka, terang dia, pihaknya melakukan tes urine ini secara mendadak tanpa diketahui oleh siapapun. Hanya dirinya dan Kalapas, Sulardi yang mengetahui tes urine mendadak ini.

“Tes urine ini setelah saya mendapat izin maka berkoordinasi dengan BNN dan Satnarkoba Polresta Tasik. Kami tetap menjaga dan waspada jangan-jangan,” terangnya.

Pasalnya, tambah dia, yang namanya orang sedang menjalani pidana apakah ketergantungan atau tidak itu yang harus diketahui pihaknya guna mengantisipasi apakah ada peredaran narkoba di Lapas atau tidak ada.

“Mudah-mudahan dengan tes urine ini warga binaan kami negatif dan kami sudah berupaya memaksimalkan pembinaan agar warga binaan ini tak lagi melakukan penyalahgunaan narkoba dalam bentuk apapun,” tambahnya.

Selain tes urine, pihaknya juga melakukan razia di setiap kamar penghuni warga binaan secara acak. Namun, kalau hanya razia saja menurutnya tak maksimal.

“Tapi harus dibarengi dengan tes urine. Tes ini adalah sebagai salah satu bentuk atau upaya pencegahan lainnya. Dan hasilnya dari 30 penghuni lapas ini yang khusus narkoba hasil tes urinenya negatif semua,” tukasnya.

(rezza rizaldi)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.