BNN Lakukan Tes Urin 80 Petugas Lapas Ciamis, Ini Hasilnya..

16

CIAMIS – Rabu (20/02) pagi sekitar pukul 09.00, Badan Narkotika Nasional (BBN) Kabupaten Ciamis menggelar tes urin terhadap 80 petugas Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Kelas II B Ciamis.

Kepala BNN Kabupaten Ciamis, AKBP Yaya Satyanagara SH menuturkan kegiatan tes urin tak lain dalam upaya program Bersih Narkoba (Bersinar).

Selain Lapas, kata Yaya, semua institusi dan lapisan masyarakat akan dilakukan tes urine.

“Lapas ini kan menjadi sorotan, dikarenakan dimasa lalu sebagian besar pelaku pengedar narkoba yang ditangkap akhirnya ke Lapas. Namun dari hasil tes urine semua negatif, ” terang Yaya kepada wartawan usai tes urine.

Antisipasi ke depan, pihaknya melakukan perjanjian kerjasama bersinergi antara Lapas Ciamis dengan BNN Ciamis.

Tujuanya tidak lain, agar Lapas benar-benar bebas dari peredaran atau pemakaian narkoba.

“Saya kira, harus diawali dari semua petugas Lapas, harus bebas narkoba. Setelah itu ke warga binaanya, semoga semua bisa bebas narkoba, ” harapnya.

Ditambahkan Kepala Lapas Kelas II B Ciamis, Fajar Nur Cahyono, petugasnya sebanyak 80 orang dilakukan tes urine, karena selama ini ditenggarai banyak kejadian pengendalian narkoba dari dalam Lapas.

Atas dasar iti, kata Fajar, pihaknya meminta bantuan BNN Kabupaten Ciamis dalam upaya pemberantasan narkoba. Sekaligus penandatangan kerjasama dengan BNN dalam pemberantasan dan pencegahan narkoba.

“Langkah kami ini untuk menunjukan kepada masyarakat bahwa Lapas Ciamis bersih dari narkoba. Lapas Zero Narkoba,” tuturnya.

Fajar menegaskan, jika ditemukan ada anggotanya yang positif, akan dilakukan pembinaan dan dilaporkan ke kantor wilayah.

“Pembinaan itu ada tahapanya. Pertama bisa teguran atau sanksi, bahkan bisa ditarik untuk rehabilitasi. Bagi yang positif tentunya akan dilakukan pemeriksaan oleh pihak BNN, namun bila positifnya hanya sabagai pengguna atau ada kaitan dengan peredaran narkoba, tentunya ada proses tertentu ditelusuri rekam jejaknya,” paparnya.

“Bila terbukti ada unsur pidana bisa saja dilakukan pemecatan,” pungkasnya. (isr)

loading...
BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.