BNNK Ciamis Lakukan Bimtek Kepada Lembaga Rehabilitasi

117

CIAMIS – Badan Narkotika Nasonal (BNN) Kabupaten Ciamis, melalui seksi rehabilitasi, menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) dan Peningkatan Mutu Layanan Lembaga Rehabilitasi Komponen Masyarakat (LRKM) dan Lembaga Rehabilitasi Instansi Pemerintah (LRIP), tanggal 10 – 12 Juli 2018.

Menurut Aris Nuryana SSos, tujuan Bimtek ini untuk meningkatkan mutu layanan lembaga rehabilitasi baik itu LRIP maupun LRKM.

Termasuk menciptakan petugas pelaksana rehabilitasi agar dapat menjalankan dan menerapkan program rehabilitasi secara baik dan benar sesuai dengan standar layanan yang ditetapkan oleh BNN, dalam rangka mendukung pelaksanaan program rehabilitasi bagi pecandu dan korban penyalahgunaan narkotika.

Materi bimtek yang diberikan yaitu Perka 17/ 2016 tentang tata cara peningkatan kemampuan lembaga rehabilitasi medis dan lembaga rehabilitasi sosial bagi pecandu dan korban penyalahguna narkotika dan Perka 24/ 2017 tentang Standar Pelayanan Rehabilitasi bagi pecandu narkotika dan korban penyalahgunaan narkotika.

Adapun lembaga rehabilitasi yang diberikan bimbingan teknis yaitu dari lembaga rehabilitasi komponen masyarakat terdiri dari Yayasan Ar-Rahmaniyyah, Inabah XXIV Putra, Inabah II Putri.

Sedangkan dari lembaga rehabilitasi pemerintah yaitu dari RSUD Ciamis dan
Puskesmas Panumbangan.

“Kami berharap, dengan adanya bimtek bisa meningkatkan kualitas pelayanan rehabilitasi di lembaga rehabilitasi, serta petugas dapat memberikan layanan rehabilitasi
sesuai dengan standar layanan yang telah ditetapkan oleh BNN,” tandas Aris.

Sementara itu, menurut salah seorang petugas konselor adiksi dari lembaga rehabilitasi
komponen masyarakat Ahmad Hoeruman SPdi, menyambut baik kegiatan bimtek.

Kata dia, kegiatan merupakan salah satu dukungan dari pemerintah dalam hal ini BNNK Ciamis terhadap penyelenggara rehabilitasi sosi l yang diselenggarakan oleh masyarakat.

Bimtek ini sangat berarti bagi lembaga rehabilitasi dalam memberikan bimbingan dan
peningkatan mutu layanan.

Dari segi materi yang diberikan dalam bimtek ini, lanjut dia, bisa menambah pengetahuan dan informasi tentang batasan-batasan dan stadar-standar sehingga lebih mengetahui dan terus terbaharui.

“Harapannya kegiatan ini semoga terus dilaksanakan secara berkala dan
berkesinambungan. Sehingga akan terbentuk layanan rehabilitasi yang baik, serta petugas yang mengikuti bimtek bisa mengaplikasikan informasi yang didapat. Sehingga kemajuan lembaga rehabilitasi dalam mutu pelayananan akan terwujud,” ujar Ahmad. (rls)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.