BNNK dan Pemda Ciamis Bentuk Desa Bersinar, Camat dan Kades Dites Urine

51

CIAMIS – Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Ciamis bekerjasama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Ciamis menggelar kegiatan pembentukan Desa Bersinar (Bersih dari Narkoba), bertempat di Aula Setda Kabupaten Ciamis, Selasa (29/01/2019).

Peserta yang hadir pada kegiatan ini berjumlah 54 orang perwakilan dari Camat dan Kepala Desa se-Kabupaten Ciamis.

Adapun kegiatan tersebut diawali dengan dilakunya test urine terhadap Drs. H. Adang Daradjat, M.M., selaku Asisten Daerah Bidang Pemerintah Kabupaten Ciamis.

Dalam sambutannya, Adang menyampaikan bahwa kegiatan sosialisasi ini terkait Inpres No 6 tahun 2018 tentang Rencana Aksi Nasional Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN).

“Saat ini kita sedang berperang dengan narkoba. Peredaran narkoba tidak hanya di kota saja melainkan sudah masuk ke desa serta sasarannya bukan hanya orang tua namun sudah merambah kepada generasi muda,” ujarnya.

Peredaran narkoba, kata dia, tidak menutup kemungkinan ada peran dari luar negeri yang bertujuan untuk menghancurkan negara.

“Diharapkan dengan kegiatan ini mendapat pengetahuan tentang bahaya narkoba serta bisa disampaikan kembali kepada seluruh masyarakat yang ada di tempat masing-masingnya, serta bisa melakukan deteksi dini terhadap peredaran gelap narkoba di wilayahnya,” pungkas Adang.

Sementara menurut Kepala Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Ciamis, AKBP Yaya Satyanagara SH, kegiatan ini menjelaskan bahwa program Desa Bersinar (Bersih dari Narkoba) merupakan program kegiatan dari BNNP Jawa Barat yang menjadi pilot project.

BNNK Ciamis bersama Pemda Ciamis siap untuk mewujudkan 27 Desa Bersinar yang ada di lingkup wilayah Kabupaten Ciamis.

Yaya menambahkan, bahwa kriteria dari Desa Bersinar diantaranya masyarakat desa tersebut memiliki tingkat keramaian di banding desa lainnya.

Tingkat kepedulian masyarakatnya, serta adanya sinergitas dengan TNI dan Polri melalui para Babinsa dan Babinkamtibmas, serta dari desa selaku leading sektornya.

“Tak lupa, dari sisi kesehatannya akan dilibatkan semua Puskesmas yang ada di wilayah Kabupaten Ciamis. Baik yang masuk di wilayah Desa Bersinar ataupun tidak, tetap akan diikutsertakan dalam kepedulian untuk mewujudkan Desa Bersinar yang telah ditunjuk,” tuturnya.

Pada kesempatan sama, sebagai upaya menciptakan bersih narkoba di lingkungan instansi pemerintah dan dukungan untuk mewujudkan Desa Bersinar, semua peserta yang berjumlah 54 orang dilakukan tes urine. (rls/age)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.