Bordir Tasik Akan Dipadukan Batik Solo

21
KERJA SAMA. Ketua Kadin Kota Tasikmalaya Deni Yunizar (lima dari kanan) melakukan kerja sama dengan Kadin Solo untuk mendongkrak pemasaran industri kreatif Tasikmalaya.

TAWANG – Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kota Tasikmalaya berkomitmen untuk kerja sama mengembangkan industri kreatif. Kerja sama tersebut dipercaya bisa mendongkrak omzet pelaku usaha industri kreatif.

Ketua Kadin Kota Tasikmalaya Deni Yunizar mengatakan saat Rapimnas Kadin di Solo, pihaknya melakukan komunikasi khusus dengan pengurus Kadin Solo di Hotel Alila Solo, Rabu (28/11). Kedua pihak pun sepakat untuk melakukan kerja sama dalam pengembangan industri kreatif.

“Jadi di sela Rapimnas, kita lakukan penandatanganan MoU dengan Kadin Solo,” ungkapnya kepada Radar, Kamis (29/11).

Pengurus Kadin Solo pernah berkunjung ke Kota Tasikmalaya dan melihat potensi produk yang ada. Mereka mengaku tertarik bekerja sama. Rencana mereka memadukan batik solo dengan bordir tasik. “Jadi nanti mereka akan banyak memesan produk kita,” ujarnya.

Dengan kerja sama tersebut, kata dia, akan mendongkrak penjualan bordir Kota Tasikmalaya. “Pertama yang penting kan kita perbanyak dulu penjualan ke luar daerah, nama bordir Tasik tetap akan melekat pada produknya,” kata dia.

Sementara ini pemasaran bordir tasik cenderung fokus ke Tanah Abang. Deni ingin produk unggulan daerah ini bisa dipasarkan juga di timur Jawa. “Selama ini kan lebih ke wilayah barat, kita dorong untuk merambah ke wilayah Timur, salah satunya Solo,” tuturnya.

Pemaduan produk ini dinilai ide bagus, bisa diterapkan juga oleh pelaku usaha industri kreatif di Kota Tasikmalaya. Karena Kota Tasikmalaya punya berbagai produk yang bisa menjadi menarik ketika di dilakukan perpaduan. “Jadi nanti kita punya produk-produk baru hasil perpaduan, tapi itu bergantung kepada seberapa kuat upaya dari pelaku usaha,” terangnya. (rga)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.