BPBD Kabupaten Garut Siagakan Petugas di Pantai

30
Dadi Djakaria

TAROGONG KIDUL – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut menyiagakan petugas khusus di kawasan wisata pantai di wilayah selatan Garut. Hal tersebut untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi wisatawan.

“Kami siagakan petugas di sana (kawasan pantai, Red) sebagai antisipasi berbagai ancaman bahaya kecelakaan laut di lokasi wisata,” ujar Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Garut Dadi Djakaria Selasa (25/12).

Satgas Balawista yang siaga berjaga di pantai itu akan berkoordinasi dengan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, Satuan Polisi Airud Polres Garut dan Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimkec) setempat.

“Petugas gabungan ini akan terus memantau dan menjaga keamanan di seluruh objek wisata pantai di Garut,” terangnya.

Selain menyiagakan petugas, pihaknya pun mengoptimalisasi alat peringatan tsunami atau early warning system (EWS) di sejumlah tempat, termasuk di daerah rawan banjir Sungai Cimanuk.

Dadi pun mastikan kawasan wisata, baik gunung dan pantai aman dikunjungi. “Kami pastikan aman kondusif, jangan takut. Petugas sudah disiapkan,” katanya.

Meski begitu, dirinya mengimbau wisatawan selalu waspada terhadap berbagai ancaman bahaya bencana di kawasan pantai, seperti tsunami.

“Ketika melihat permukaan air laut berkurang secara drastis sebaiknya menjauhi pantai dan menyelamatkan diri ke dataran tinggi,” paparnya. (yna)

loading...
BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.