BPBD Kabupaten Garut Tingkatkan Kewaspadaan

12

Siapa Presiden Pilihan Mu ?

TAROGONG KIDUL – Memasuki musim penghujan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut meningkatkan kewaspadaan terhadap berbagai ancaman bencana alam.

“Kita siap siaga mewaspadai potensi bencana alam seperti longsor dan pergerakan tanah yang terjadi di seluruh kecamatan,” kata Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Garut Dadi Djakaria kepada wartawan di kantornya Rabu (7/11).

Ia menuturkan Kabupaten Garut merupakan kawasan rawan bencana alam seperti tanah longsor, pergerakan tanah, angin puting beliung juga bencana banjir.

Daerah yang perlu diwaspadai terhadap ancaman bencana alam longsor dan pergerakan tanah yakni wilayah selatan Garut seperti Cisompet, Cisewu, Banjarwangi dan Talegong.

Tingginya ancaman bencana longsor dan pergerakan tanah di Garut karena kondisi tanahnya perbukitan dan labil. BPBD Garut, lanjut dia, selain mempersiapkan personel juga berkoordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Garut untuk siap siaga menerjunkan alat berat.

“Alat berat sudah siap, jadi saat terjadi bencana tim akan langsung bergerak,” paparnya.

Dadi menambahkan selain ancaman longsor, Garut juga berpotensi terjadi banjir pada musim hujan. Untuk itu masyarakat diimbau melakukan gerakan membersihkan lingkungannya dari tumpukan sampah yang menyumbat saluran air.

“Gerakan bersih-bersih lingkungan dan sungai harus ditingkatkan untuk mengantisipasi terjadinya banjir,” pungkasnya. (yna)

CALEG KITA

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.