BPBD Menyiapkan Peralatan Kebencanaan

14

CIHIDEUNG – Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tasikmalaya H Ivan Dicksan sudah meminta dan menginstruksikan petugas BPBD supaya meningkatkan kesiagaan. Karena, saat ini memasuki musim penghujan sehingga bisa berpotensi menyebabkan bencana.

“Untuk antisipasi kemungkinan adanya bencana sudah saya minta ditingkatkan terutama di BPBD. Kemudian kan BPBD mengkoordinir dinas-dinas terkait ada dinas PUPR, Dinas Sosial,” ujarnya kemarin.

Ivan juga meminta masyarakat turut mengantisipasi kemungkinan terjadinya bencana-bencana. Mengingat Kota Tasikmalaya termasuk daerah yang rawan bencana baik banjir atau longsor yang sering terjadi di beberapa titik.

“Musim hujan biasanya genangan air terjadi di mana-mana, faktor diantaranya sampah, maka marilah bersama-sama memelihara lingkungan minimal jangan membuang sampah sembarangan,” pintanya.

Sumbatan aliran itu sering terjadi di daerah perkotaan, apalagi saat ini banyak pengerjaan drainase sejumlah ruas jalan. “Jadi akan sangat rentan terhadap bencana banjir,” ujarnya.

Ivan juga mengimbau untuk yang berada di daerah rawan longsor untuk meningkatkan kewaspadaan seperti Kecamatan Kawalu, Tamansari, Purbaratu dan lainnya. “Jangan sampai masyarakat terlena dengan hujan, sehingga tidak waspada,” katanya.

Menurutnya, persediaan logistik bantuan bencana di Kota Tasikmalaya, dipastikan sudah aman sampai akhir tahun, untuk antisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. “Semua peralatan yang dimiliki oleh BPBD Kota Tasikmalaya sudah kamis siapkan.Bahkan bila ada kekurangan alat akan kami koordinasikan dengan dinas yang lainnya dan Pemerintah Provinsi Jawa Barat,” tandasnya. (ujg)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.