BPD Laporkan Sekdes Baregbeg Ciamis, Soal Dugaan Pemalsuan Tanda Tangan

1013
20

CIAMIS – Badan Permusawaratan Desa (BPD) dan masyarakat Desa Baregbeg Kecamatan Lakbok Kabupaten Ciamis, mendatangi Polres Ciamis, Rabu  (20/7) sekitar pukul 10.00.

Mereka melaporkan dugaan pemalsuan tanda tangan yang diduga dilakukan oknum perangkat Desa Baregbeg.

Mantan Ketua BPD periode 2015 -2019 Desa Baregbeg, Sahid Mahpul mengaku bahwa kedatangan dirinya ke Polres  Ciamis bersama Ketua BPD periode 2020 Said Salwi dengan dukungan warga yang diwakili Mujianto dan Supriadi .

Dimana laporan ini terkait  dugaan pemalsuan tanda tangan yang diduga dilakukan Sekdes Desa Baregbeg, An.

Kata Sahid, selama satu periode dirinya menjabat BPD tidak pernah diikutsertakan dalam penandatanganan berita acara pengesahan dan penetapan LPJ APBDS.

“Contohnya di tahun 2019 juga LPJ APBDS itu sampai nilai sekitar Rp 2,2 milyaran saya ak diiutsertakan,” katanya.

Loading...

“Saya curiga jangan-jangan ada pemalsuan tanda tangan saya. Makanya saya minta berkas-berkasnya tidak dikasih, hingga terkuak dugaan pemalsuan tersebut,” sambungnya.

Sahid menjelaskan, terkuaknya dugaan itu di tahun 2020. Dan tahun 2019 pihaknya tidak diberitahu ada APBDS.

“Jadi pemerintah desa tidak mengajak BPD membahas, menyepakati APBDS. Padahal harusnya paling lambat Januari 2019 harus ada pertemuan musyawarah dengan BPD. Namun itu tidak dilakukan oleh desa,” paparnya.

Di pihak lain, Sekretaris Desa Baregbeg  Kecamatan Lakbok, An kepada Radar membantah telaj melakukan pemalsuan tanda tangan.

Mengenai berita acara pengesahan LPJ APBDS, pihaknya tidak membuat. bahkan persoalan tersebut sudah diakui juga bareng-bareng.

“Kalau dari notulen ada  tapi tidak membikin sampai memalsukan,” katanya.

“Mengenai sekarang ada laporan ke Polres, saya kurang tahu. Namun yang jelas saya tidak memalsukan tanda tangan,” paparnya.

Dihubugi terpisah, Kasat Reskrim Polres Ciamis AKP Oliestha Aceng Wicaksana  SIK mengatakan, laporan tersebut ada, namun pihaknya belum mengetahui lebih jauh.

“Nanti kita kroscek kelanjutanya, karena saya lagi di Bandung dulu,” ucapnya.

(iman s rahman)

Loading...
loading...

20 KOMENTAR

  1. Saya juga masyarakat desa Baregbeg. Prihatin ada segelintir orang yang mengatasnamakan masyarakat. Masalah tsb sudah clear kok. Ini diakui atau tidak terkait kepentingan politis PILKADES.

  2. Peran BPD sebenarnya apa sih ? Mohon cek ke lapangan dengan berimbang. Apakah ketua BPD desa baregbeg dapat diterima oleh masyarakat yg banyak ? Apakah anggita BPD dilibatkan dalam pengambilan tindakan ketua ?

  3. Clear gimana bro?
    Terlepas masalah politik atau tidak, yang jelas kepala desa melaporkan kinerja di akhir tahun jabatannya, jadi maklum kalau ketahuan diakhir jabatan.
    Masalah segelintir masyarakat, mau sendiri, mau kelompok yang jelas setiap orang punya hak mengetahui keuangan yang dikelola oleh pemerintah, itu duit kita dari oajak yang kita bayar.

    Yuk cerdas sedikit..

  4. Kita di sini bertujuan untuk mencerdaskan masyarakat desa baregbeg bukan untuk membodohi masyarakat terhadap trasparansi keuangan desa kita

    #warga baregbeg cedas

  5. Kenapa ketika akan pemilu di perdebatkn masalah tersebut!
    Ketika jauh sebelum itu tidak pernah di perdebatkn.apakah ada kepetingan politik!!

  6. oh ada undang undang baru ya bahwa ketua BPD tidak harus musyawarah dalam mengambil keputusan ? baru ngeh saya teh.

  7. Biarlah melaporkan apa saja. Toh kalau bukti kurang valid tidak akan jadi apa-apa. Biar pula hati anda anda yang bicara. Mana salah dan mana benar ? mana memperbaiki mana merusak ? dan mana perjuangan mana kebencian. Wallohu a’lam bishshowab.

  8. Setuju biar masyarakn rukun dan damai biar pembangunan semakin maju..tanpa ada kepentingan politik yg justru akan mencerai beraikan masyarakat hanya untuk kpentingan politik dan justru mungkin ada kepentingan pribadi di balik semua itu.

  9. Saya Yakin bahwa Masyarakat, khusunya masyarakat desaSaya Yakin bahwa Masyarakat, khusunya masyarakat desa Baregbeg itu cerdas tau mana yang namanya Kebenaran dan Kesalahan.
    Mudah-mudahan dengan adanya perkara sprti ini bisa jadi pembelajaran buat kita semua, terutama lagi bagi para aparatur Pemerintahan khususnya Desa, baik itu Desa Baregbeg dan desa-desa lainya agar lebih berhati-hati lagi dalam bertindak dan menerapkan kebijakanya. Harus sesuai/mengikuti aturan/UU yg berlaku khususnya peraturan/UU yg mengikat seorang apartur Pemerintahn terutama Desa. Baregbeg itu cerdas tau mana yang namanya Kebenaran dan Kesalahan.
    Mudah-mudahan dengan adanya perkara sprti ini bisa jadi pembelajaran buat kita semua, terutama lagi bagi para aparatur Pemerintahan khususnya Desa, baik itu Desa Baregbeg dan desa-desa lainya agar lebih berhati-hati lagi dalam bertindak dan menerapkan kebijakanya. Harus sesuai/mengikuti Peraturan/UU yg berlaku khususnya Peraturan/UU yg mengikat seorang apartur Pemerintahn terutama Desa.
    Kalau tidak salah tertuang di UU Desa no.06 thn.2014 dan tambahan untuk BPD sndiri tercantum dalm PEMENDAGRI no.110 th.2016. baca semua pasal-pasal nah di situ lah tersebut apa tugas dari Pemerintah Desa dan BPD, saya kira Masyarakatpun penting harus tau isi dari UU dan Peraturan trsbut.
    Mudahan” Allah swt memberi kemudahan dan melindungi orang-orang dalam membela kebenaran. Wallahu a’lam

  10. @ boleng : jadilah manusia yg cerdas LPJ di keluarkan setiap tahun dan akhir jabatan, dan kbetulan yg membuat LPJ mencalonkan diri lagi, jika anda bnar” tau tetang regulasi pasti permasalahan akan bermunculan di akhir jabatan, itu contoh orang kaligrafis yg hnya bisa menulis rapi tapi tak rapih administrasi

  11. @ ashuriyah : itulah bentuk pembodohan masyarakat dari oknum yg tdk memahami apa arti dari rapih administrasi

  12. Yuh bareng2 pada istifar pd ndonga mudah2 kovid cepet beres,,, kasus gie cpt klar,,, karo smoga di nei kades sg trbaik saking gusti Allah,,, SWT.
    Di asokna ndisit fikirane,,, sedulur.

  13. @boleng saya tidak menghakimi dan saya tdk merasa saya pandai, tapi saya tau yg mana yg jujur dan mana yg berbohong, dan mksd saya bilang kaya gitu saya cuma mewakili segelintir orang yg berpola pikir sama dngn saya,

  14. Warga [email protected] ya klw itu bagi anda benar teruskn dan buktikan saya karna semua itu butuh bukti yang valid dan semua ada prosedur…
    Dan saya juga titipkn berdemokrasi lah yg baik untuk kepentingan umum..

  15. Cerdas tuh jangan Cuma DIKIT. Harus full tank ya akhiy. Jadi ada kecerdasan intelektual, emosional, sosial, dan utamanya kecerdasan religius. Dan anda ya maklum kan mintanya cerdas dikit bukan cerdas kaffah.

  16. Udah jelas tugas dan Fungsi BPD diatur dalam permendagri No. 110. Seharusnya bisa bekerjasama dengan pemdes, dalam pembangunan,pemberdayaan,dan pembinaan. Semoga Cepat beres dan clear. Salam merdesa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.