BPJS Kesehatan KC Tasikmalaya Pastikan Tetap Jamin Pasien Cuci Darah

25
0
BPJS Kesehatan
BPJS Kesehatan
Loading...

Tasikmalaya (02/02/2021) – Dengan adanya pemberitaan yang menyebutkan salah satu alasan tutupnya pelayanan cuci darah di RSUD dr. Soekardjo adalah karena adanya keterlambatan pembayaran klaim BPJS Kesehatan, oleh karenanya dianggap penting untuk meluruskan informasi pemberitaan Radar Tasikmalaya berjudul “Pelayanan Cuci Darah Tutup” pada Selasa, 02 Februari 2021.

Untuk mengantisipasi opini publik bahwa permasalahannya adalah karena BPJS Kesehatan yang belum melakukan pembayaran klaim, maka BPJS Kesehatan perlu memberikan informasi mengenai proses pengajuan sampai pembayaran klaim Rumah Sakit atau Fasilitas Kesehatan sebagai mitra kerja BPJS Kesehatan.

Saat ini likuiditas BPJS Kesehatan sudah membaik, dapat dibuktikan sejak 1 Juli 2020 semua klaim Rumah Sakit yang menjadi mitra kerja BPJS Kesehatan di seluruh Indonesia telah dibayarkan sesuai dengan tanggal jatuh tempo yaitu 15 (lima belas) hari setelah klaim disetujui.

Sebagai gambaran pengajuan klaim reguler RSUD Soekardjo dilakukan dalam 2 yaitu tahap 1 adalah klaim yang telah lolos filtrasi dan untuk tahap 2 adalah pengajuan klaim yang tidak lolos filtrasi pertama setelah dilakukan perbaikan.

Untuk klaim tahap 1 bulan pelayanan Desember 2020 telah dibayarkan tanggal 28 Januari 2021. Sedangkan untuk klaim susulan. Tahap 2 bulan pelayanan September 2020 akan jatuh tempo pada tanggal 9 Februari 2021.

loading...

Terhadap pasien hemodialisa yang rutin cuci darah di RSUD dr. Soekardjo, dialihkan ke Sakit lain, seperti TMC, Jasa Kartini dan Prasetya Bunda. Hal ini sebagai upaya agar keberlangsungan pelayanan cuci darah tetap terjaga.

Bagi masyarakat khususnya pasien hemodialisa yang rutin mendapatkan pelayanan cuci darah di RSUD dr. Soekardjo dan membutuhkan informasi lebih lanjut dapat berkoordinasi dengan BPJS Kesehatan di nomor kontak +62 811 212 553. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.