BPKD Targetkan PBB Rp 21,5 Miliar

158
0
Asep Sulaeman

CIAMIS – Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Kabupaten Ciamis akan menyebarkan Surat Pemberitahuan Pajang Terutang (SPPT) Bumi dan Bangunan Pedesaan dan Perkotaan (PBB-P2) 2019 pada 4 Februari. BPKD menargetkan pendapatan dari PBB-P2 sebesar Rp 21, 5miliar.

Kepala Bidang Pelayanan, Penetapan dan Data Pajak DaerahBPKD Kabupaten Ciamis AsepSulaemanmenerangkan SPPT 2019 telah dicetak sebanyak 1,35 juta lembar. Pada 4 Februariakan disalurkan ke 27 kecamatan dan disebar ke 265 desa dan kelurahan. “Secara simbolisnya, SPPT PBB-P2 akan diserahkan oleh Bupati Ciamis kepada perwakilan desa di Gedung Islamic Centre, 30 Februari 2019,”kata Asep kepada Radar, Minggu (27/1).

Asep menyebutkan dalam penyerahan SPPT PBB-P2 juga akan ada pengukuhan tim badega pajak. Tim tersebut terdiri dari BPKD dan satuan kerja perangkat daerah (SKPD) terkait pajak daerah seperti Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), Inspektorat dan Bagian Hukum Setda Ciamis. “Diharapkan dengan adanya badega pajak tersebut bisa menggenjot penerimaan pajak daerah secara keseluruhan termasuk PBB-P2,”harapnya.

Dia juga meminta masyarakat langsung membayar pajak ketika menerima surat itu. Pada 2019, BPKD menargetkan pendapatan PBB-P2 sebesar Rp 21,5miliar. Dia ingin target tersebut tercapai atau alangkah baiknya terlampaui. Pencapaian target ini sangat penting untuk meningkatkan pembangunan di Ciamis. “Saya rasa hasilnya juga akan dirasakan masyarakat secara menyeluruh,”tutur dia.

Asep tidak memungkiri dalam penarikan PBB itu ada kendala. Seperti banyak pemilik tanah yang merantau ke luar Ciamis. Dengan demikian, mereka sulit ditagih. Maka dari itu, dia mengimbau ke pemilik tanah yang berada di luar Ciamis untuk segera menghubungi pemerintah desa setempat. Bila berat membayar pajak untuk pulang ke Ciamis, bisa membayar lewat online. “Saya kira lebih mudah asal kita punya kemauan untuk taat membayar PBB,”kata dia. (isr)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.