BRILian Preneur Pasarkan Produk UMKM

64
0
ist VIRTUAL. Direktur Utama BRI, Sunarso (foto atas) menjelaskan tentang komitmen BRI mendukung UMKM melalui program BRILIan Preneur 2020.
Loading...

TASIK – BRILian Preneur 2020 kembali digelar oleh Bank Rakyat Indonesia (BRI) mulai 1-15 Desember 2020 secara virtual. Ajang untuk memasarkan berbagai produk UMKM ini digelar secara daring dan akan diikuti ratusan UMKM di Indonesia.

Direktur Utama Bank BRI, Sunarso menjelaskan 99 % pelaku usaha di Indonesia adalah UMKM. Dari sekian banyak UMKM yang ada mampu berkontribusi terhadap produk domestik bruto sebesar 60,9% dan menyerap tenaga kerja sebesar 97 %.

Dengan kontribusi UMKM yang cukup besar ini, BRI terus bertekad memajukan para pelaku UMKM agar produk-produknya dapat dinikmati oleh pasar domestik maupun pasar ekspor.

“BRI berkomitmen menumbuhkan UMKM, menyelamatkan UMKM di masa seperti saat ini, karena dengan menyelamatkan UMKM kita turut menyelamatkan tenaga kerja. Angkatan kerja dapat terserap apabila banyak yang mengkonsumsi produk-produk UMKM. Melalui BRILian Preneur 2020, kita kembali memasarkan produk UMKM supaya bisa diserap pasar ekspor dan domestik,” jelas Sunarso pada saat Webinar BRILian Preneursecara virtual (1/12).

Baca juga : Dua Calon Bupati Tasik Tidak Bisa Nyoblos

loading...

Sunarso menjelaskan bahwa UMKM saat ini sangat membutuhkan edukasi dibandingkan dengan advokasi. Karena dengan edukasi, UMKM dapat sejajar sebagai mitra dari bank.

Sedangkan apabila advokasi, maka UMKM akan berada di bawah bank. Banyak edukasi yang dibutuhkan UMKM seperti manajerial, aksesibilitas terhadap informasi pasar, teknologi, asas keberlanjutan usaha dan lingkungan juga good corporate.

Pada pelaksanaan BRILian Preneur yang pertama tahun 2019 lalu, acara yang digelar selama 3 hari mampu mendatangkan 16.000 pengunjung bahkan terjadi 23 kontrak UMKM dengan para buyer.

Mendatangkan 76 buyer secara langsung dari 16 negara.

Harapan di tahun ini, kata Sunarso pengunjung bisa lebih dari yang tahun lalu, dan nilai transaksi bisa mencapai lebih dari 50 juta dolar. Meskipun acara dilaksanakan secara virtual, namun bisa dapat dikunjungi banyak pengunjung.

Sepanjang tahun ini, hingga September 2020, BRI telah menyalurkan kredit UMKM sekitar Rp 700 Triliun. Sebagai bank yang memiliki jaringan terbesar di Indonesia, BRI terus berkomitmen untuk dapat menumbuhkan perekonomian masyarakat melalui berbagai program yang diadakan salah satunya BRILian Preneur. (red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.