BSB Tasik Solusi Penanganan Sampah

18
BANK SAMPAH. Bank Sampah Berkah Tasikmalaya diresmikan untuk menangani persoalan sampah di masyarakat, Sabtu (13/4). BMT AL-IDRISIYAH FOR RADAR TASIKMALAYA

CISAYONG – Baitul Maal wa Tamwil (BMT) Al-Idrisiyah Pagendingan, Cisayong bersama Komunitas Raksa Lembur Sukamanah Cigalontang mendirikan Bank Sampah Berkah (BSB) Tasikmalaya, Sabtu (13/4) di Aula Rumah Mifa Kampung Sindangsono, Sukamanah Kecamatan Cigalontang.

Kepala Bidang Persampahan Dinas LH Kabupaten Tasikmalaya, Drs Aam Rahmat Selamat MM mengatakan bank sampah diharapkan membantu pemerintah dalam penanganan, atau edukasi masyarakat soal sampah. “Persoalan sampah ini bukan hanya tanggung jawab pemerintah saja, tetapi andil masyarakat juga,” terangnya.

Anggota Komisi II DPRD Kabupaten Tasikmalaya, H Apil Ifan Permadi mengatakan sampah selalu menjadi persoalan karena rendahnya kesadaran masyarakat. Termasuk kebijakan pemerintah pun belum sepenuhnya berpihak. “Sebagai aktivis dan anggota dewan saya akan bantu pemerintah membuat kebijakan penanganan sampah,” ungkapnya.

Direktur Utama BSB Tasikmalaya, Ahmad Tazaka Bonanza SPd SAk mengaku akan memberikan yang terbaik soal pengelolaan sampah di masyarakat. “Target pertama BSB ini adalah mendirikan 150 bank sampah se-Kabupaten Tasikmalaya,” katanya.

Selain itu, kata dia, pi­hak­­nya akan mem­berikan pemahaman secara berkala kepada ma­sy­a­rakat bagaimana memperlakukan sampah yang benar. Ter­ma­­suk dalam pe­nge­lolaan di bank sam­pah akan me­mak­simalkan SDM yang di­ban­tu dengan per­ala­tan tepat guna. “Sehingga di­harapkan pe­na­nganan sam­pah dari hulu sam­pai hilir da­­pat teratasi,” te­rang­nya.(rls/yfi)

loading...
BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.