BTN Syariah Tasikmalaya Siapkan Rp125 M untuk KPR Komersial & Subsidi

24
0
APRESIASI. Branch Manager BTN Syariah Cabang Tasikmalaya Erwan (kanan) memberikan apresiasi kepada salah satu nasabah dalam rangka HUT BTN ke-71, Selasa (9/2/2021). Lisna Wati / Radar Tasikmalaya
APRESIASI. Branch Manager BTN Syariah Cabang Tasikmalaya Erwan (kanan) memberikan apresiasi kepada salah satu nasabah dalam rangka HUT BTN ke-71, Selasa (9/2/2021). Lisna Wati / Radar Tasikmalaya
Loading...

TASIK – Bank Tabungan Negara (BTN) Syariah Tasikmalaya menargetkan penyaluran pembiayaan KPR subsidi Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) sebanyak 600 unit pada kuartal I/2021.

Branch Manager BTN Syariah Cabang Tasikmalaya Erwan mengatakan, memasuki awal tahun 2021 pihaknya kembali meraih kepercayaan Kementerian PUPR untuk menyalurkan pembiayaan perumahan sebesar Rp 125 miliar. Dana tersebut disalurkan dalam bentuk KPR komersial dan subsidi

“Fokus utama BTN Syariah di 2021 ini merealisasikan KPR sebanyak-banyaknya, sesuai dengan core bisnis BTN Syariah yakni pembiayaan perumahan,” kata Erwan usai seremonial perayaan HUT BTN ke-71 di Kantor Cabang BTN Syariah Jalan Yudanegara Kota Tasikmalaya, Selasa (9/2/2021).

Pihaknya pun akan mengoptimalkan pembiayaan rumah subsidi untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR). “Melalui fasilitas KPR subsidi, MBR bisa memiliki rumah dengan uang muka mulai 1% dan margin ekuivalen rate 5 persen,” katanya.

Selain itu, MBR akan mendapatkan subsidi bantuan uang muka (SBUM) Rp 4 juta. Kualitas bangunan rumah subsidi pun kini dijamin berkualitas karena diawasi dan harus sesuai standar PUPR.

loading...

“BTN Syariah telah bekerja sama dengan 150 developer se-Priangan Timur, maka masyarakat bisa punya banyak pilihan untuk membeli rumah sesuai keinginan dan kebutuhannya,” ujarnya.

Erwan mengatakan, sektor properti ini memang diandalkan pemerintah untuk Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN), karena pada sektor properti ini ada 174 industri terkait.

“Jika properti menggeliat, industri turunannya yang kebanyakan sektor riil juga akan menggeliat,” ujarnya.

Ia menegaskan, di 2021 ini sektor properti akan tumbuh meski tidak terlalu signifikan.
Indikatornya dilihat dari pertumbuhan ekonomi Indonesia yang terus mengalami perbaikan setiap kuartalnya.

Pada kuartal IV-2020 pertumbuhan ekonomi minus 2,19% secara year-on-year. Padahal pada kuartal II 2020 ekonomi Indonesia terkontraksi minus 5,32 persen, dan minus 3,49 persen pada kuartal III 2020.

“Artinya ada harapan, saat ekonomi terkontraksi minus 5,32 persen, kita bisa merealisasikan pembiayaan 100 persen, maka dengan performa ekonomi yang kini terus membaik saya optimis kinerja pembiayaan BTN Syariah pun akan semakin moncer,” katanya.

Sementara itu, memasuki usia 71 tahun BTN mengusung target menjadi bank terbaik di segmen pembiayaan perumahan atau best mortgage bank di tingkat Asia Tenggara.

“Untuk menjadi The Best Mortgage Bank di Asia Tenggara, Bank BTN menyusun roadmap serta rencana bisnis untuk melakukan transformasi,” ujar Erwan.

Roadmap menuju best mortgage bank di Asia Tenggara dimulai dari tahun 2020 dengan melakukan transformasi perusahaan untuk mencapai pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan.

Kemudian, pada tahun 2022 Bank BTN akan memperluas cakupan bisnisnya, dan terakhir pada tahun 2025 Bank BTN akan memiliki pelayanan kelas dunia berkat pemanfaatan teknologi digital.

“Kita terus meningkatkan pelayanan dan optimalisasi digitalisasi layanan untuk kemudahan transaksi,” katanya. (na)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.