Buat Inovasi Pupuk Organik Cair

44

Siapa Presiden Pilihan Mu ?

TASIK – SDN 1 Sukamaju Indihiang Kota Tasikmalaya membuat pupuk organik cair Mikro Organisme Lokal (MOL) sebagai salah satu kreativitas dan inovasi sekolah berwawasan lingkungan.

Kepala SDN 1 Sukamaju Tasikmalaya Hj Yeti Nurhayati SAg menuturkan MOL dikenal sebagai pupuk organik cair yang merupakan larutan hasil fermentasi. Bahan dasarnya berbagai unsur hara mikro makro bakteri perombak bahan organik. MOL ini bermanfaat sebagai pupuk organik cair, biang pembuat kompos dan pestisida nabati.

“Jadi, ini pupuk organik cair yang bahan-bahannya mudah didapat di lingkungan sekolah dan rumah sehingga mudah dibuat siswa, tentunya dengan bimbingan guru,” tutur Yeti kepada Radar, Kamis (8/11).

Pembuatan MOL ini, terang Yeti, pada mulanya dibuat saat merintis Sekolah Adiwiyata sekitar bulan Oktober 2018. Awalnya hanya percobaan dengan membuat eksperimen dua tumbuhan, di mana yang satu disirami MOL dan satu lagi tidak. “Hasilnya sangat berbeda, ternyata ketika dibandingkan tumbuhan yang disiram MOL lebih subur dibanding yang tidak disiram MOL,” ungkapnya.

Lanjutnya, tujuan pembuatan MOL ini berangkat dari ide untuk mengurangi penggunaan pupuk kimia, juga meminimalisir  penggunaan biaya pemupukan. “Sementara ini kita baru produksi untuk lingkungan sekolah, semoga ke depan bisa menjadi unit produksi sekolah yang memberikan manfaat bagi yang lainnya, menjadi pelopor dan inspirasi,” ungkapnya. (ais)

CALEG KITA

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.