Siapa Calon bupati Tasikmalaya pilihan anda?
18%

82%

Budaya Literasi Tingkatkan Kualitas Hidup

25
0

TASIK – Balai Bahasa Jawa Barat dan Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menyelenggarakan Diseminasi Gerakan Literasi Nasional (GLN) 2019 di Aula Hotel Horison Tasikmalaya Rabu (9/10).

Kegiatan itu bertujuan untuk membangun budaya literasi di kalangan warga sekolah, keluarga dan masyarakat.

Kegiatan yang mengusung tema Meningkatkan Literasi Baca-Tulis Berbasis Kearifan Lokal Jawa Barat ini diikuti 200 peserta yang terdiri dari guru sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP), Komunitas Literasi dan Taman Baca Masyarakat.

Kepala Balai Bahasa Jawa Barat Drs Umar Solikhan MHum mengatakan diseminasi sudah digelar di Cimahi, Cirebon, Garut dan kini di Tasikmalaya. Tujuannya untuk menumbuhkan budaya literasi demi meningkatkan pembelajaran dan kualitas hidup.

“Secara khusus kegiatan GLN di Kota Tasikmalaya bertujuan untuk meningkatkan minat literasi di kalangan milenial,” katanya. Peserta diseminasi diberikan wawasan mengenai enam kacapakan literasi dasar yaitu literasi baca tulis, literasi numerasi, literasi sains, literasi digital, literasi finansial dan literasi budaya dan kewargaan.

“Kita harus bekali siswa dengan kecakapan 6 literasi dasar tersebut,” ujar dia.

Fasilitator GLN 2019 Kota Tasikmalaya Ema Astri Muliasari SPd menjelasakan budaya literasi ini tak sekadar membaca dan menulis. Lebih dari itu, literasi mengatur bagaimana seseorang berkomunikasi dengan masyarakat dalam hubungan sosial yang berkaitan dengan pengetahuan, bahasa dan budaya.

Dengan menerapkan literasi, sambungnya, seseorang dapat mempunyai kemampuan untuk menggunakan potensi dan skill yang dimiliki dalam hidupnya, mencakup kemampuan membaca kata dan membaca dunia. (riz)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.