Budayakan Olahraga dan Senam Umum di Masyarakat

117
0
OLAHRAGA. Dosen Jurusan Pendidikan Jasmani Fakultas Keguruan, Ilmu Pendidikan Unsil dan peserta senam umum kompak foto bersama, Minggu (23/6). FATKHUR RIZQI / RADAR TASIKMALAYA

TASIK – Dosen Jurusan Pendidikan Jasmani (Penjas) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Siliwangi (Unsil), mengadakan pengabdian untuk memasyarakatkan olahraga dan mengolahragakan masyarakat melalui senam umum di Perumahan Umum (Perum) Grand Mutiara Kelurahan Ciakar Kecamatan Cibeureum Kota Tasikmalaya, Minggu (23/6).

Ketua Pengabdian Masyarakat Dosen Jurusan Pendidikan Jasmani Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Unsil, Iman Rubiana MPd menyatakan tugas dari Universitas Siliwangi sesuai dengan tri dharma perguruan tinggi. Terdiri dari tiga poin , yaitu pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengembangan, pengabdian kepada masyarakat. Sehingga dalam hal ini selaku dosen bagian dari civitas akademika berkewajiban untuk memberikan pengabdian kemasyarakatan. Salah satunya memasyarakatkan olahraga dan mengolahragakan masyarakat melalui senam umum. Sehingga, memunculkan kebiasaan masyarakat untuk berolahraga, salah satunya senam.

“Saya bersama kelompok iptek bina bagi masyarakat, beranggotakan Ari Priana MPd dan Fegie Rizkia Mulyana MPd memberikan sosialisasi kepada 30 orang dalam pengabdian masyarakat melalui senam umum selama tujuh kali pertemuan dan dua tempat, salah satunya di Perum Grand Mutiara Kelurahan Ciakar Kecamatan Cibeureum,” katanya kepada Radar, Minggu (23/6).

Kata dia, masyarakat diharapkan menjadikan olahraga sebagai sebuah kebiasaan. Pembinaan ini untuk mengampanyekan olahraga menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat dan budaya. “Mudah-mudahan dengan kegiatan ini masyarakat bisa sehat dan bugar. Ke depan, senam ini bisa dikemas dan dilaksanakan rutin setiap minggu,” terangnya.

Anggota Pengabdian Masyarakat Dosen Jurusan Pendidikan Jasmani Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Unsil, Fegie Rizkia Mulyana MPd menjelaskan senam sangat bermanfaat dalam mengembangkan komponen fisik dan kemampuan gerak. “Orang-orang mengikuti senam akan berkembang daya tahan ototnya, kekuatannya, kelenturannya, kelincahan, serta keseimbangan. Kebutuhan senam nantinya, masyarakat itu menjadi lebih giat olahraga. “Memiliki gaya hidup berolahraga bisa terhindar dari penyakit hipokinetik (kurangnya bergerak, Red). Dengan latar belakang itulah kita mengambil pengabdian ini di perumahan, karena warganya rata-rata disibukkan pekerjaan,” bebernya.

Peserta senam, Yulia (41) mengaku senang bisa mengikuti senam ini. Karena olahraga ini sangat penting dilakukan, namun karena keterbatasan waktu menjadi sulit dilaksanakan. “Alhamdulillah dengan hadirnya kegiatan ini kami warga perumahan bisa melaksanakan olahraga senam. Mudah-mudahan ke depan bisa dilaksanakan secara rutin,” harapnya.(mg1)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.