Budayakan Sadar Pajak Sejak Dini

68
0
KOMPAK. KPP Pratama Ciamis mengadakan Gerakan Sadar Pajak di SDN 2 Kertasari Jumat (22/11). Kegiatan tersebut untuk membentuk karakter generasi bangsa yang cinta tanah air dan bela negara melalui kesadaran hak dan kewajiban pajak. foto-foto: iman s rahman / radar tasikmalaya

CIAMIS – Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Ciamis mengadakan Gerakan Sadar Pajak (Pajak Bertutur) di tiga lokasi, SMK PGRI Cikoneng, SMPN 1 Ciamis dan SDN 2 Kertasari Jumat (22/11). Mereka berupaya menanamkan budaya sadar pajak sejak dini. Ini untuk membentuk karakter generasi bangsa yang cinta tanah air dan bela negara melalui kesadaran hak dan kewajiban perpajakan.

Kepala Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Ciamis Yuddi Hariyanto menjelaskan Gerakan Sadar Pajak (Pajak Bertutur) serentak dilaksanakan se-Indonesia Jumat (22/11).

Dalam Pajak Bertutur, pihaknya menjelaskan kepada pelajar di jenjang pendidikan SD, SMP dan SMA/SMK mengenai pengetahuan pajak. “Kenapa kami memberikan materi kepada para pelajar, karena mereka perlu mengenal budaya sadar pajak dan harus ditanamkan sejak dini,” kata Yuddi kepada Radar usai acara.

Menurutnya, pengenalan sadar pajak harus ditanamkan sejak dini. ini untuk membentuk karakter generasi bangsa yang cinta tanah air dan bela negara melalui kesadaran melaksanakan hal dan kewajiban perpajakan. “Kenapa para pelajar harus mengenal dan pentingnya pajak itu, karena diantaranya untuk membiayai pembangunan dan menyejahterakan masyarakat Indonesia serta demi kemajuan bangsa ini ke depannya. Tentunya Indonesia ini memerlukan biaya. Salah satunya yang paling besar diperoleh dari hasil partisipasi masyarakat dari bayar pajak,” ujarnya membeberkan.

Yuddi menambahkan, bonus demografi Indonesia pada 2010-2045 harus dapat dimanfaatkan. Ini untuk mempersiapkan generasi muda menyongsong masa depan Indonesia yang lebih baik.

Untuk mengenalkan perpajakan, pihaknya (Ditjen Pajak) menggandeng Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Inklusi Kesadaran Pajak Dalam Kurikulum Pendidikan Dasar dan Menengah) serta Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Inklusi Kesadaran Pajak dalam Kurikulum Pendidikan Tinggi).

“Dengan tujuan serta harapan kami kegiatan yang dilaksanakan KPP Pratama Ciamis bisa memberikan pemahaman pada peserta didik tentang peran dan manfaat pajak dalam pembangunan,” harapnya.

Semoga kegiatan tersebut, kata dia, bisa bermanfaat bagi pelajar sehingga membudayakan sadar pajak sejak dini hingga seterusnya.

Kepala SMK PGRI Cikoneng Drs Iwan Gunawan MM berterima kasih kepada KPP Pratama Ciamis yang telah menyampaikan materi perpajakan kepada siswanya.

“Kegiatan ini ada korelasinya dan hubungannya dengan mata pelajaran di SMK PGRI Cikoneng ini, di mana di bidang kompetensi keuangan dan cocok,” jelasnya.

Pihaknya berharap setelah penyuluhan perpajakan dari KPP Pratama Ciamis, wawasan siswanya bertambah tentang perpajakan. Terlebih mereka nantinya akan menjadi bagian dari masyarakat yang taat membayar pajak.

“Harapan kami mereka bisa taat pajak ke depannya, karena pemahaman tentang pajak sejak dini sangat penting dilakukan,” tandasnya. (isr)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.