Sasar 250 Ribu Anak Usia di Bawah 17 Tahun

Budi : Jangan Paksa Pasien BPJS Naik Kelas

102
0
Drs H Budi Budiman

CIHIDEUNG – Wali Kota Tasikmalaya Drs H Budi Budiman meminta rumah sakit swasta tidak memaksa peserta jaminan kesehatan nasional (JKN) atau pasien kurang mampu untuk naik kelas.

“Memang betul sekarang aturannya rujukan pasien BPJS Kesehatan itu harus berjenjang, namun ketika bed sudah penuh jangan memaksakan sehingga pasien dinaikkan dari kelas pelayanan seharusnya,” ujar Budi saat ditemui di Lapangan Upacara Dadaha, Rabu (17/7).

Dia menyebut peserta JKN di Kota Tasikmalaya saat ini sudah menyentuh angka 72 persen. Banyak di antaranya premi kepesertaan ditanggung pemkot melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD). Otomatis, ketika dinaikkan kelas karena di kelas 3 suatu rumah sakit sudah penuh, pasien harus merogoh kocek sendiri menutup kelebihan pembayaran yang tidak ditanggulangi BPJS Kesehatan. “Kan yang di-cover pemerintah warga kurang mampu, kasihan. Jangan sudah bayar premi dibiayai pemerintah, komplain juga ke pemerintah karena ada cost yang harus bayar lagi akibat naik kelas,” tuturnya.

Budi meminta rumah sakit tipe C di Kota Tasikmalaya supaya tidak menahan ketika jumlah pasien JKN sudah tidak terakomodir. Dirujuk saja ke RSUD dr Soekardjo yang merupakan tipe B. “Dinkes akan saya minta cek, supaya pasien yang di-cover pemerintah tidak bayar lagi. Rumah sakit swasta tipe C, ketika bed-nya penuh, rujuk ke rumah sakit kami. Sebab, di RSUD 80 persen untuk kelas tiga. Sementara di swasta kalau tidak salah aturannya hanya 25 persen saja,” katanya. “Sekarang kita juga banyak kehilangan pasien. Akibat rujukan berjenjang itu,” tambah Budi.

Di sisi lain, pihaknya tengah meningkatkan sejumlah fasilitas kesehatan. Mulai dari pembangunan gedung kelas tiga Mitra Batik yang saat ini mulai digarap di samping Gedung Tulip. Termasuk, membangun rumah sakit tipe D di Kecamatan Purbaratu. “Itu perlahan kita bangun, supaya apa. Pelayanan terutama masyarakat kurang mampu dan masyarakat umum bisa terpenuhi,” ujarnya. (igi)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.