Budidaya Ikan Payau Harus Konsisten

18

Siapa Presiden Pilihan Mu ?

PARIGI – Kabupaten Pangandaran memiliki potensi untuk budidaya ikan air payau seperti Baramundi, Bawal Bintang, Kerapu Cantang dan Udang Vamammei. Namun yang jadi fokus saat ini adalah budidaya Baramundi.

“Animo masyarakat berbudidaya ikan payau sangatlah tinggi, terutama segmen dalam pembesaran menujukan peningkatan. Setidaknya ada 10 kelompok budidaya ikan payau dan laut yang masih eksis sampai sekarang. ” tutur Sekdis Kelautan Perikanan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Pangandaran Wawan Kustaman kepada Radar saat ditemui di ruang kerjanya Kamis (8/11).

Pembesaran ikan air payau dan laut terutama Baramundi dapat dilakukan di berbagai wadah seperti KJA laut dan sungai.

”Untuk Baramundi memang tergolong langka saat ini, ikan yang dagingnya lezat ini sangat sulit di dapatkan oleh para nelayan,” terangnya.

Menurut Wawan, saat ini pembudidaya di Pangandaran mendapatkan bantuan benih ikan baramundi dari Balai Besar Perkanan Budidaya Laut Lampung.

”Benih yang disalurkan mencapai 10 ribu ekor dengan ukuran tiga sampai tujuh centi dan bawal bintang sebanyak 20 ribu, “ katanya.

Lanjut dia, kelompok pembudidaya tersebar di Kecamatan Pangandaran, Cijulang dan Cimerak.

”Mudah-mudahan saja sampai akhir tahun ini kita bisa menyalurkan lebih banyak benih ikan payau dan laut,” harapnya.

Wawan berharap pembudidaya dapat serius menjalankan usahanya dan tetap konsisten, agar kebutuhan ikan di pangandaran bisa terus tercukupi.

”Apalagi di kita ini banyak rumah makan sea food, maka suplai ikan laut dan payau harus terus terpenuhi,” ujarnya.(den)

CALEG KITA

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.