Buka Lembaran Baru, TIRA PERSIKABO vs PERSIB BANDUNG

17
0
Kevin Van kippersluis

BOGOR –  Pernah ditakuti. Tapi Persib kini bagaikan tertatih-tatih di gelaran Liga 1  musim ini. Kini, Maung Bandung berada di urutan ke-10 dengan poin 19 dari 17 laga, dan hanya menang sekali dalam 9 laga tandangnya.

Untuk kembali ditakuti, pelatih dan manajemen merombak skuadnya. Tiga pemain asing, satu kiper dan tiga pemain muda masuk dalam tim untuk mengarungi putaran kedua ini.

Tantangan awal putaran kedua datang dari PS Tira Persikabo. Kedua tim bakal bentrok nanti malam di stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor.

Bagi pelatih Persib Bandung Robert Rene Alberts, pertandingan melawan PS Tira Persikabo tidak hanya demi meraih target membawa pulang poin. Laga tersebut, akan menjadi awal pembuktian Persib Bandung untuk membuka lembaran baru setelah putaran pertama meraih hasil yang tidak memuaskan.

Dengan masuknya beberapa pemain baru, saat ini komposisi pemain mengalami perubahan. Pertandingan melawan PSS Sleman pada akhir putaran pertama menjadi bukti awal bahwa Persib Bandung telah bangkit dan menatap putaran kedua dengan optimistis.

“Kita nantikan pertandingan ini. Tira adalah tim yang bagus di putaran pertama. Mereka memiliki pemain yang kuat, pertahanan yang solid dan Persib sudah persiapkan untuk itu. Laga putaran pertama berakhir imbang 1-1 dan kita ganti komposisi tim menjadi yang berbeda dari sebelumnya. Kita ganti tiga pemain asing dan kita nantikan penampilannya bersama tim,” kata Robert, kemarin (14/9).

Robert sangat optimis jika timnya bisa berbicara banyak pada putaran kedua ini. Termasuk melawan tim besutan dari Rahmad Darmawan malam nanti. “Kita juga sudah mencatat hasil bagus di kandang kemarin (lawan PSS Sleman, Red) dan  kita harap hasil yang bagus juga di Tira. Besok lapangan juga baik dengan permainan kedua tim yang menarik. Kita harap bisa dapat tiga poin,” katanya.

Di sisi lain, Robert mengatakan bahwa menghadapi TIRA-Persikabo merupakan laga yang sulit. Kombinasi para pemain asing dan pemain lokal yang dimiliki Laskar Padjadjaran, disebut pria asal Belanda itu sangat menjanjikan.

Sosok Ciro Alves menjadi pemain yang diperkirakan bakal mendapat perhatian khusus. Selain telah mencetak 11 gol, determinasi Ciro kerap membuat konsentrasi pemain bertahan kebingungan, antara melakukan pressing atau menjaga daerah.

“Mereka membangun tim di sekeliling pemain asing yang tangguh dan mereka punya transisi dari bertahan ke menyerang terbaik di Liga. Barisan pertahanan mereka juga solid. Tapi dengan motivasi dari pemain kami di putaran kedua, saya sangat optimis bisa mendapatkan awal bagus,” papar Robert.

Maung Bandung diprediksi tak akan mudah meraih poin. Melihat laga pemungkas kedua tim, Persib lebih baik lantaran menang atas PSS sedangkan TIRA-Persikabo hanya bermain seri melawan Borneo FC.

Akan tetapi, kondisi tersebut tidak bisa dijadikan patokan. Pasalnya, anak asuh Rahmad Darmawan dalam kepercayaan diri tinggi untuk mengamankan tiga poin dengan misi terus memberi tekanan kepada Bali United yang berada di puncak.

Ciro Alves dan kolega pun memiliki ambisi menyudahi hasil kurang memuaskan di dua pertandingan termutakhir. Keberadaan tiga penggawa anyar yang dipunyai Persib membuat TIRA-Persikabo semakin meningkatkan kewaspadaan.

Menurut Rahmad, kehadiran mereka membuat permainan Maung Bandung sedikit berbeda. Hal itu terlihat saat melawan PSS. “Dan kami tahu, di putaran kedua ini banyak memberikan warna berbeda dengan hadirnya pemain-pemain baru mereka. Kami sudah sama-sama melihat bagaimana kualitasnya, memang sangat baik pada pertandingan melawan PSS. Itu yang harus diwaspadai oleh kami,” kata Rahmad. (pra)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.