Buka Posko Pengaduan Data Pemilih

12
SIMULASI. KPU Kota Tasikmalaya melakukan simulasi pengecekan data pemilih usai meluncurkan Posko Gerakan Melindungi Hak Pilih (GMHP), Senin (1/10).

TAWANG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tasikmalaya membuka posko Gerakan Melindungi Hak Pilih (GMHP) bagi masyarakat yang akan menggunakan hak suara di Pemilu 2019.

Posko GMHP berfungsi untuk menerima aduan masyarakat terkait data pemilih. “Untuk lebih mengakuratkan data pemilih. Kita selaku penyelenggara harus memastikan bahwa pemilih yang terdaftar benar-benar memenuhi syarat.

Jangan sampai yang tidak memenuhi syarat justru masuk,” ujar Ketua KPU Kota Tasikmalaya Dr Ade Zaenul M MAg usai meresmikan Posko GMHP di sekretariat KPU Jalan SKP, Senin (1/10).

Masyarakat yang ingin mengetahui akurasi data pemilih, dapat mengakses website lindungihakpilihmu.kpu.go.id atau menggunakan aplikasi KPU RI Pemilu 2019 yang dapat diunduh di Google Play Store.

Pemilih tinggal mengisi nama dan nomor induk kependudukan (NIK) di kolom yang tersedia di laman tersebut. “Ketika terdata, kemudian ada elemen data yang salah. Masyarakat bisa langsung menghubungi Panitia Pemungutan Suara (PPS) atau Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk memperbaiki isi data tersebut,” jelas Ade.

Maka dari itu, posko GMHP akan dibuka di seluruh kecamatan dan kelurahan. Masyarakat bisa langsung memperbaiki data yang tidak sesuai dengan data sebenarnya. Selain itu, apabila saat mengecek nama pemilih yang bersangkutan tidak terdaftar di database, kemudian bisa langsung mendatangi PPS atau PPK.

“Dalam melaporkan hal tersebut, masyarakat diharuskan membawa identitas diri, nanti oleh PPS akan diinputkan ke database,” tutur dia. (igi)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.