Bukan 8 Juta Peserta, Massa Reuni 212 Disebut 13,4 Juta, Begini Penjelasannya

61

JAKARTA — Panitia Reuni Akbar 212 menyebut jumlah peserta reuni yang hadir di Monas, Minggu (2/12) sekitar 8 juta orang. Namun beredar di media sosial, jumlah peserta diklaim 13,4 juta.

Jumlah peserta Reuni Akbar Mujahid 212 di Monas, Minggu (2/12) memang sungguh mengagetkan banyak pihak.  Bahkan ada yang sempat menyebut cuma didatangi 20.000-an peserta dan Kepolisian cuma ratusan ribu peserta atau puluhan ribu peserta.

Bahkan Jubir PSI Guntur Romli mengatakan jumlah peserta Reuni Akbar 212 masih kalah dari peserta tari poco-poco-nya Jokowi di Monas beberapa waktu lalu.

Dalam beberapa hari ini, media sosial terutama Facebook, beredar informasi mengenai jumlah peserta Reuni Akbar 212 yang hadir.

Dalam informasi itu dikatakan, ada data yang tak bisa dibantah yang didapatkan Iwan Piliang yang bersumber dari jumlah IMEI telepon genggam peserta Reuni Akbar Mujahid 212 yang didapat dari MSC atau pusat operatornya masing-masing.

Dari data tersebut didapat informasi akurat jika jumlah peserta Reuni Akbar Mujahid 212 di Monas, Minggu (2/12) adalah sebanyak 13,4 juta jiwa.

“Jadi bukan delapan juta, bukan sepuluh juta, tapi tigabelas juta empatratusan ribu peserta! Allahu Akbar!,” kata Iwan Piliang.

“Barusan saya diberitahu bahwa MSC (pusat operator) mencatat jumlah HP/ IMEI pada saat kejadian Acara Reuni 212 berjumlah 13,4 juta. Saya beritahu teman-teman jurnalis yang pada mau menggoreng, eh pada kaget dan nampaknya urung,” ujar Iwan Piliang lewat pesan singkat.

Demikian informasi yang beredar di media sosial itu terkait jumlah peserta reuni akbar 212 ini. Informasi ini telah beredar di media sosial terutama Facebook.

Sebelumnya, massa reuni akbar 212 memadati kawasan Monas sejak Minggu (2/12) dinihari hingga Bundaran Hotel Indonesia (HI), Kwitang, Tugu Tani dan kawasan lainnya di Jakarta Pusat. Panitia mengklaim massa mencapai 8 juta orang.

Mayoritas massa menggunakan pakaian putih-putih. Ketua Panitia Reuni 212 Ustaz Bernard Abdul Jabar memperkirakan, peserta yang datang sekitar 8 juta orang, lebih banyak dibanding acara-acara sebelumnya.

(ral/pojokjabar)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.