Bukan Menolak, Tapi Lokasi Alun-Alun Manonjaya Tak Tepat

462
0
HAMPIR SELESAI. Pembongkaran Taman Alun-Alun Manonjaya hampir selesai pada hari ketiga pengerjaan Kamis (15/11).
Loading...

KETUA Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kecamatan Manonjaya Hendri Hasan Nurul Haq menilai sangat tepat sekali langkah Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya dalam membongkar Taman Alun-Alun Manonjaya untuk dikembalikan kepada fungsi awal, sebagai lapangan sepak bola.

“Alun-Alun Manonjaya ini fungsinya sudah bagus. Tinggal diberikan penataan dan fasilitas penunjang saja,” ujarnya kepada Radar, Kamis (15/11).

Lanjut dia, Alun-Alun Manonjaya ini bukan hanya lapangan biasa yang terdapat di desa-desa lain. Tapi, mempunyai nilai sejarah tinggi yang wajib untuk dilestarikan. “Alun-Alun Manonjaya ini mempunyai nilai sejarah pemerintahan pada zaman Sukapura,” terangnya.
Lanjut dia, ketika ada penataan untuk menjadi ruang terbuka hijau tidak harus selalu mengubah fungsi yang sebelumnya sudah berjalan efektif. Tinggal diberikan penataan yang lebih menarik untuk berbagai kegiatan masyarakat.

Terpisah, Ketua Karang Taruna Kecamatan Manonjaya Rofi Sopa Rinjani mengaku sangat mendukung kebijakan pemerintah daerah dalam mengembalikan fungsi Alun-Alun Manonjaya seperti semula. “Karena Alun-Alun Manonjaya merupakan ciri khas bagi masyarakat Manonjaya dengan sejarahnya pada zaman Sukapura. Di mana Manonjaya menjadi ibu kota sebelum pindah ke Tasikmalaya, sehingga nilai sejarahnya sangat tinggi,” ungkapnya.

Menurut dia, keberadaan taman di Manonjaya memang dibutuhkan. Tapi lokasinya harus benar-benar strategis dan tidak mengganggu fasilitas yang sudah ada sejak lama. “Kenapa tidak dibuat di lokasi pasar (Manonjaya), yang menurut kajian kami akan lebih tertata menjadi taman kota,” sarannya.

Loading...

Kata dia, masyarakat bukan masalah menolak keberadaan ruang terbuka hijau yang dibangun di Manonjaya. Tetapi lebih kepada lokasi pembangunannya yang tidak sesuai. Bahkan cenderung mengganggu serta mengubah fasilitas yang sudah ada dan jelas manfaatnya. (obi)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.