Bulan Depan Dibuka Pendaftaran Calon Kades

272
0
Agianto Ahmad Tahir Kepala Bidang Pemerintahan DPMDPAKB

SINGAPARNA – Panitia Pemilihan Kepala Desa di Kabupaten Tasikmalaya akan membuka pendaftaran bakal calon Kepala Desa bulan. Waktu pendaftaran mulai 20 hingga 29 Agustus.

Kepala Bidang Pemerintahan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DPMDPAKB) Agianto Ahmad Tahir mengatakan bagi warga yang mau mendaftar bisa mengambil formulir pendaftaran di sekretariat panitia di kantor Desanya masing-masing pada jam kerja.

“Setelah diisi formulir kemudian diserahkan kembali kepada panitia dengan dilengkapi persyaratan lain yang ditentukan sesuai aturan,” ujarnya saat dihubungi Radar Rabu (24/7).

Agianto menjelaskan panitia pemilihan melakukan penyaringan dengan penelitian kelengkapan persyaratan administrasi, klarifikasi, penetapan dan pengumuman nama calon dalam jangka waktu 20 hari.

Menurutnya, saat melakukan penyaringan bakal calon kades, panitia pemilihan wajib bersikap netral dan objektif. Hal itu guna memperoleh hasil penelitian dengan validasi data yang dapat dipertanggungjawabkan.

Saat panitia pemilihan akan melakukan upaya pembuktian keabsahan berkas persyaratan administrasi bakal calon, panitia pemilihan mengeluarkan surat kepada lembaga yang berwenang untuk mendapatkan keterangan secara tertulis.

“Panitia pemilihan dalam melakukan penyaringan, hasilnya dibuktikan dengan surat keterangan tertulis dan hasil penyaringan dituangkan dalam berita acara yang ditandatangani ketua panitia pemilihan,” katanya.

Agianto menjelaskan, jika hasil penyaringan ternyata kurang dari dua bakal calon yang memenuhi syarat, maka tahapan pencalonan tidak dapat dilanjutkan. Pemilihan kepala desa akan dilaksanakan gelombang berikutnya. Tentunya dengan tahapan mekanisme mulai dari awal.

“Panitia pemilihan melaporkan kepada BPD guna dilanjutkan kepada bupati melalui camat,” kata dia. (obi)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.