Bulan Ini, Jabatan 93 Kades Habis

53
IMBAU. Kepala Bidang Pemdes, Agianto Ahmad Tahir mengimbau kades untuk merealisasikan dana desa sesuai kebutuhan masyarakat. RADIKA ROBI RAMDANI / RADAR TASIKMALAYA

TASIK – Sebanyak 93 kepala desa (kades) dari 33 kecamatan se-Kabupaten Tasikmalaya akan habis masa jabatannya pada Mei 2019. Hal itu diungkapkan Kepala Bidang Pemerintahan Desa pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana Kabupaten Tasikmalaya, Agianto Ahmad Tahir SSTP MSi kepada Radar, Selasa (14/5).

Jelas dia, jabatan kades yang habis bulan ini akan segera diisi oleh Pejabat sementara (Pjs). Karena, pemilihan kepala desa (pilkades) selanjutnya akan dilaksanakan serentak pada November 2019.

“Berdasarkan undang-undang, untuk Pjs kades harus PNS dari kecamatan tersebut. Maka dari itu akan segera disiapkan,” terangnya.

Kemudian, kata dia, untuk menjadi Pjs kades, harus benar-benar orang yang paham tentang roda pemerintahan desa. Karena, tugas sebagai kepala desa saat ini cukup berat dengan hadirnya dana desa (DD).

Di mana ada anggaran cukup besar yang harus dikelola dalam pembangunan. “Pjs kades ini akan menjabat selama hadirnya kepala desa terpilih,” bebernya.

Terpisah, Kepala Desa Cisayong Yudi Cahyudin mengaku biasa-biasa saja dalam menghadapi akhir masa jabatannya pada periode ini. Karena, tidak ada jabatan yang perlu dipertahankan mati-matian.

“Kades itu hanya pelayan rakyat saja yang berusaha melayani dengan sebaik mungkin dan semaksimal mungkin. Sehingga keberadaannya bisa benar-benar dirasakan oleh masyarakat,” terangnya.

Lanjut dia, ke depan masih banyak agenda yang harus dilakukan untuk kemajuan Desa Cisayong. Di antaranya menciptakan kemandirian desa, itu harus dilakukan untuk terciptanya kemakmuran masyarakat di desa.

“Ketika desa dituntut untuk melakukan capaian peningkatan IPM, bukan hanya sekadar memaksimalkan pembangunan infrastruktur saja, melainkan meningkatkan SDM di desa tersebut menjadi lebih baik lagi,” bebernya.

Kepala Desa Banyuresmi Kecamatan Sukahening, Saepudin menuturkan selama menjabat lima tahun lamanya, banyak suka duka dalam membangun desa bersama warga.

“Saya mohon maaf bila selama menjabat banyak salah dan hilap karena keterbatasan kemampuan. mudah-mudahan apa yang dilakukan selama ini bisa bermanfaat,” harapnya.(obi)

loading...
BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.