Bumdes Jadi Penggerak Ekonomi Desa di Kabupaten Tasik

69
0
PEMBINAAN. Ratusan pengurus BUMDes se-Kabupaten Tasikmalaya mengikuti pembinaan dan optimalisasi untuk mewujudkan ketahanan ekonomi menuju desa mandiri.
Loading...

SINGAPARNA – Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos PMDP3A) Kabupaten Tasikmalaya menggelar rapat dan pembinaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Hal itu bertujuan untuk membawa BUMDes menjadi penggerak ekonomi desa.

Kepala Dinsos PMDP3A Kabupaten Tasikmalaya Drs Roni Ahmad Sahroni MM mengatakan, kegiatan ini diikuti 120 BUMDes yang ada di Kabupaten Tasikmalaya dengan mengusung tema

“Optimalisasi Bumdes untuk Mewujudkan Ketahanan Ekonomi Menuju Desa Mandiri”.

“Kegiatan pembinaan yang diikuti oleh ratusan BUMDes ini cukup diperlukan sebagai motivasi bagi BUMDes yang tadinya tidak aktif diharapkan menjadi aktif dan lebih berkembang lagi,” ujarnya kepada Radar, Kamis (24/12)

Roni menyebutkan, BUMDes harus menjadi lokomotif peningkatan ekonomi di tingkat pedesaan. Pasalnya sangat penting untuk meningkatan ekonomi desa. Oleh sebab itu, pembinaan ini sebagai motivasi bagi BUMDes yang belum aktif.

loading...

Baca juga : Prokes Ketat Diterapkan saat Misa di Gereja Kota Tasik

Keberadaan BUMDes, kata dia, harus didukung dan bekerja sama dengan pihak pemerintahan desa. Sinergitas keduanya perlu dilaksanakan. Pemerintah desa dapat memberikan penyertaan modal dari Dana Desa untuk BUMDes.

Kemudian, kata dia, BUMDes juga harus tertib administrasi, harus ada pembukuan untuk pendapatan dan pengeluaran. Dengan tertib administrasi, dapat meningkatkan kemajuan BUMDes. Di sisi lain pendapatan desa pun bisa terbantu.

“Pembinaan seperti ini perlu dilakukan, dengan demikian peningkatan ekonomi masyarakat desa dapat ditingkatkan,” ucapnya.

Menurutnya, BUMDes cukup efektif menggerakan ekonomi masyarakat desa dengan berbagai potensi yang ada. Selain itu, aktivitas BUMDes juga melibatkan masyarakat lokal, sehingga dalam jangka panjang berdampak pada kesejahteraannya.

“Banyak bidang yang bisa digarap melalui BUMDes, sehingga dapat meningkatkan ekonomi desa. Mulai dari sektor pertanian, kebutuhan sembako, jasa wisata, listrik desa dan berbagai usaha lainnya,” kata Roni.

Peran BUMDes, lanjut Roni harus dapat berkontribusi dalam menunjang kegiatan pemberdayaan ekonomi masyarakat desa. BUMDes juga harus mampu memberikan keuntungan secara ekonomi terhadap pembangunan desa maupun taraf hidup masyarakat desa melalui pemenuhan kebutuhan dasar di desa.

Pengurus BUMDes harus pandai membaca peluang usaha sesuai potensi yang ada di desa. Sehingga kegiatan BUMDes mampu mempercepat pembangunan desa dan memberikan manfaat bagi masyarakat. “BUMDes harus kreatif dalam mencari peluang usaha,” ujarnya menambahkan. (obi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.