BUMN Tampung 9.000 Mahasiswa

118
0

TASIK – Perusahaan di Badan Usaha Milik Negara (BUMN) akan membuka kesempatan bagi 9.000 mahasiswa mengikuti program magang mahasiswa bersertifikat (PMMB) tahun 2019. Program tersebut dalam upaya mengembangkan mahasiswa serta menjajal dunia kerja secara profesional.

Menteri BUMN Rini Soemarno mengatakan PMMB didesain untuk membantu menyiapkan lulusan perguruan tinggi yang siap bekerja dan mampu bersaing. Adapun, waktu pelaksanaan PMMB minimal enam bulan dan programnya diakui sebagai bagian dari SKS mahasiswa di kampus masing-masing.

“Tahun 2018, BUMN sudah punya PMMB dan berlangsung sukses. Jadi, Semangatlah untuk ikut magang bersama BUMN. Harapan kami, mahasiswa yang dapat betul-betul merasakan manfaat BUMN,” kata Rini menghadiri BUMN Goes to Campus di Universitas Negeri Siliwangi Tasikmalaya, Rabu (20/3).

Diharapkan, kata Rini, melalui PPMB menjadi langkah nyata link and match kurikulum PTN/PTS dengan kebutuhan industri yang telah lama diinisiasi. “Program ini positif, karena mahasiswa mendapatkan pengalaman kerja yang nyata di dunia industri, mendapatkan sertifikat kompetensi, mendapatkan uang saku serta memiliki kesempatan pertama jika ada program perekrutan di BUMN,” tuturnya memaparkan.

Pihaknya menargetkan jumlah mahasiswa magang PPMB pada akhir tahun 2020 sudah menembus angka 20 ribu. Tersebar di 143 BUMN seluruh nusantara. Dalam program BUMN Goes to Campus itu, Rini memberikan kuliah umum terhadap ratusan mahasiswa baik Universitas Siliwangi Tasikmalaya mau pun perwakilan kampus lain yang hadir.

Kegiatan ini, tambah Rini, sebagai komitmen nyata BUMN berkonstribusi terhadap negara. “Sebagai agen pembangunan, BUMN terus mendukung aktivitas pembangunan ekonomi dengan program pemerintah untuk menciptakan multiplier effect ekonomi nasional,” terangnya.

Rektor Universitas Siliwangi Tasikmalaya Prof Dr H Rudi Priyadi Ir MS menyambut baik adanya kesempatan bagi para mahasiswa, memiliki pengalaman magang di seluruh BUMN. “Itu dapat menjadi bekal pengalaman khususnya mahasiswa kami, dalam mengetahui dunia kerja. Apalagi, adanya sertifikasi yang diberikan pasca mengikuti program itu,” ucapnya. (igi)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.