Bunda PAUD Berperan Seperti Orang Tua

60
DIKUKUHKAN. Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) se-Kabupaten Tasikmalaya dikukuhkan di Pendopo Baru, Senin (11/3). DOKUMENTASI PEMKAB TASIKMALAYA FOR RADAR TASIKMALAYA

SINGAPARNA –  Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) harus mampu mencetak generasi muda yang berkualitas, cerdas dan sehat. Hal itu terungkap saat pengukuhan bunda PAUD se-Kabupaten Tasikmalaya di Pendopo Baru, Senin (11/3).

Bunda PAUD Kabupaten Tasikmalaya, Hj Ai Diantani Sugianto mengatakan peran PAUD dalam membangun generasi hebat sangat penting. Perannya, sama seperti seorang ibu dalam mendidik anak-ananknya.

“Jadi, bunda PAUD di kecamatan ini harus mampu mendorong, mengayomi dan melindungi peserta didik dengan baik. Karena, setiap anak harus mendapatkan pembelajaran yang sesuai dengan usianya,” ungkapnya kepada wartawan kemarin.

Kata dia, PAUD memegang peranan penting dalam perkembangan anak. Karena, sejak anak dilahirkan hingga memasuki pendidikan dasar merupakan masa keemasan atau golden age.

“Bunda PAUD harus memberikan perhatian dan dorongan untuk peningkatan layanan pendidikan khususnya bagi anak-anak usia dini,” harapnya.

Lanjut dia, pemerintah daerah akan terus berupaya memberi perhatian terhadap berlangsungnya pendidikan usia dini.

Sehingga, PAUD bisa memberikan layanan yang berkualitas untuk mencetak generasi andal di berbagai bidang.

Tempat yang sama, Bupati Tasikmalaya Ade Sugianto menambahkan, penelitian ahli menjelaskan bahwa sangat penting pengajaran terhadap anak usia dini.

“Anak usia 0-5 tahun ini golden age . Bahkan pada usia 4 tahun, sebanyak 50 persen kecerdasan sirkuit emosi terbangun pada anak, termasuk pengendalian diri, karakter dan sebagainya,” katanya.

Tambah Ade, diharapkan bunda PAUD ini bisa semakin menunjukkan aksinya. Sehingga, mutu kualitas pendidikan usia dini bisa terus meningkat.

“Kami juga sudah bahas soal insentif guru PAUD. Rencananya akan kita alokasikan di anggaran perubahan tahun ini,” pungkasnya. (obi)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.