Bupati Ciamis Pagi-pagi Sidak RSUD, Warga Antre Dokter Ga Ada..

212
SIDAK. Bupati Ciamis dan Wakil Bupati Ciamis Drs H Herdiat Sunarya dan Yana D Putra mengecek pelayanan dan fasilitas di RSUD Ciamis, Senin (15/7). IMAN S RAHMAN/RADAR TASIKMALAYA

CIAMIS – Bupati dan Wakil Bupati Ciamis, Dr H Herdiat Sunarya dan Yana D Putra mengadakan inspeksi mendadak (Sidak) di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ciamis, Senin (15/7) sekitar pukul 08.00.

Dalam sidak itu, Herdiat-Yana menyaksikan antrean masyarakat yang tidak terlayani akibat dokter tidak ada di dalam ruangan.

Herdiat menyayangkan, dokter-dokter RSUD tidak ada di ruangan pagi itu sehingga terjadi antrean masyarakat. Bahkan, ada warga yang daftar setelah subuh hingga dirinya melakukan sidak belum terlayani.

Bupati akan mengevaluasi kondisi tersebut karena menyangkut pelayanan kepada masyarakat. Masyarakat atau pasien dirugikan karena harus menunggu lama atau membuang-buang waktu di rumah sakit.

Bahkan, ada beberapa peralatan yang belum dimanfaatkan dengan optimal. “Untuk itu kita perlu evaluasi semuanya dan pelayanan ditingkatkan,” tutur Herdiat.

Direktur RSUD Ciamis Aceng Solahudin menerangkan, belum tibanya dokter pagi itu, karena jumlah dokter di rumah sakit pemerintah ini terbatas.

Terutama dokter spesialis. Misalnya, untuk THT, ortopedi, jantung dan paru-paru, masing-masingnya ditangani oleh seorang dokter. Sedangkan, pasien yang datang ke RSUD itu mencapai ratusan.

Adapun, kata dia, dokter yang saat sidak itu tidak ada lantaran ada yang izin, ke ruang operasi dulu, visit ruangan dan tidak punya jadwal.

“Namun kami dari pihak RSUD akan mencoba berusaha mendatangkan dokter baru supaya bisa lebih memadai, semua layanan dapat terlayani dengan baik, serta akan mengintensifkan jadwal dokter,” kata Aceng.

Untuk mengatasi antrean yang panjang sejak subuh, RSUD akan memberlakukan sistem pendaftaran online. Dengan demikian, masyarakat tidak perlu menunggu lama di bagian poli.

Jadi pasien bisa daftar online pada malam harinya, nantinya akan tahu jadwal dokter. “Setidaknya, tidak perlu lagi antre dari subuh, baru pasien datang ke rumah sakit setelah ada dokter,” tutur dia. (isr)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.