Bupati Ciamis Jamin Tidak Ada Jual Beli Jabatan

82
0
UCAPAN SELAMAT. Bupati Ciamis Dr H Herdiat Sunarya memberikan selamat kepada para pejabat yang mengikuti pelantikan Kamis (2/1). IMAN S RAHMAN / RADAR TASIKMALAYA
UCAPAN SELAMAT. Bupati Ciamis Dr H Herdiat Sunarya memberikan selamat kepada para pejabat yang mengikuti pelantikan Kamis (2/1). IMAN S RAHMAN / RADAR TASIKMALAYA

CIAMIS – Pemerintah Kabupaten Ciamis melakukan rotasi, mutasi dan promosi 157 jabatan Kamis (2/1). Pembacaan sumpah jabatan dilaksanakan di aula Setda Jalan Jenderal Sudirman.

Bupati Ciamis H Herdiat Sunarya menjelaskan rotasi, mutasi dan promosi untuk mengisi sejumlah jabatan yang kosong. Soal pelaksanaan pelantikan di awal tahun, menurutnya, semata-mata karena banyak pekerjaan yang harus diselesaikan di tahun 2020.

Adapun pejabat yang mengikuti pelantikan kemarin yaitu 9 pimpinan tinggi pratama, 35 pejabat administrator, 109 pengawas dan 4 pejabat fungsional. Khusus sembilan JPT merupakan hasil open bidding atau seleksi untuk mengisi kepala dinas yang kosong, karena pensiun dan pindah tugas.

“Telah tiga kali melakukan pelantikan rotasi, promosi jabatan semasa kepemimpinan saya, tentunya hal itu merupakan hal yang wajar dan sesuai peraturan perundang-undangan serta sesuai kebutuhan organisasi,” ujar Herdiat.

Dia berpesan kepada para pejabat yang dilantik agar melaksanakan amanah dengan baik dan melaksanakan tugas sebaik-baiknya demi kemajuan Ciamis.

“Bukan kita dilayani masyarakat, tapi kita harus melayani masyarakat dengan baik,” pesannya.

Catatan Radar, pesan Herdiat agar PNS Ciamis melayani masyarakat, bukan sebaliknya minta dilayani, telah diucapkannya saat pelantikan pejabat sebelum-sebelumnya.

Orang nomor satu di Pemkab Ciamis ini juga menjelaskan soal proses seleksi pengisian sembilan kepala dinas. Menurutnya, 50 pejabat mengikuti seleksi pengisian sembilan kepala dinas beberapa waktu lalu. Dari jumlah tersebut kemudian lolos sebanyak 27. Lalu Bupati memilih 1 dari 3 orang di setiap dinas itu.

Penentuan pejabat yang mengisi posisi kepala dinas, kata Herdiat, hak prerogatifnya. Meski demikian, dia berembuk bersama Wakil Bupati untuk mengambil keputusan tersebut.

“Tentunya ada yang suka ada yang tidak. Ada yang puas atau tidak, namun dalam organisasi hal wajar saja,” ujarnya.

“Intinya dalam pelantikan rotasi, mutasi dan promosi ini tak ada jual beli jabatan,” tegasnya.

Jika ada yang oknum yang meminta uang kepada para pejabat yang dilantik, kata dia, untuk melaporkannya kepadanya. “Akan tindak tegas tentunya,” janjinya.

Amanat lainnya. Bupati meminta PNS tidak asal-asal saat menjalankan amanah. Dia berjanji bagi PNS yang seperti itu, akan dibebastugaskan atau non job.

“Kalau bagus kinerjanya tidak menutup kemungkinan jabatan akan naik. Kalau asal-asalan akan dibebastugaskan,” ujarnya.

Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (PRKPLH) Kabupaten Ciamis Dr H Taufik Gumilar ST MM, yang kemarin dilantik, siap melaksanakan amanah sebaik-baiknya.

“Kami sangat berterimakasih atas doa serta dukungan dari semua pihak,” ujarnya. (isr)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.