Bupati Ciamis: Sekda Ibarat Playmaker Aspek Bola

61
0
radartasikmalaya
PELANTIKAN. Bupati Ciamis Dr H Herdiat Sunarya MM memimpin Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Sekretaris Daerah Kabupaten Ciamis Dr H Tatang MPd di Aula Pemkab Ciamis Kamis (19/11). FOTO-FOTO: IMAN S RAHMAN / RADAR TASIKMALAYA
Loading...

CIAMIS – Jabatan sekretaris daerah (Sekda) ibarat playmaker di dunia sepak bola. Dia pengatur ritme. Menjadi jenderal di lapangan. Bergerak dinamis.

Mengalirkan bola kepada pemain lainnya. Dia bisa naik menyerang. Ikut juga bertahan. Tentunya disesuaikan dengan strategi. Taktik. Semuanya itu demi kemenangan tim.

Pengibaratan jabatan sekda sebagai playmaker dalam sepak bola disampaikan Bupati Ciamis Dr H Herdiat Sunarya MM saat memimpin pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan Sekretaris Daerah Kabupaten Ciamis Dr H Tatang MPd di Aula Pemkab Ciamis, Kamis (19/11) sekitar pukul 08.00.

“Sekda merupakan jabatan yang strategis dan esensial di tatanan birokrasi, mempunyai tugas pokok dan fungsi yang sangat penting di dalam melaksanakan roda pemerintahan,” papar Bupati Herdiat.

Baca juga : 12 Bayi di Ciamis Positif HIV/AIDS, Begini Kata Dewan..

Sekda mempunyai tugas membantu bupati menyusun kebijakan. Dia mengoordinasikan administrasi pelaksanaan tugas perangkat daerah dan memberikan pelayanan administratif.

Sekda juga mempunyai fungsi pengoordinasian penyusunan kebijakan daerah dan pelaksanaan tugas serta evaluasi kebijakan daerah. Termasuk pelayanan administratif dan pembinaan aparatur sipil negara serta pelaksanaan lain yang ditugaskan bupati.

Loading...

“Tentunya ini (peran sekda) sangat strategis dan esensial. Kalau Sekda itu kalau di permainan bola itu sebagai pemain utama (playmaker). Sebagai penggiring bola ke kiri dan ke kanan kandang mundur. Kadang maju. Sekda sebagai motor penggerak pemerintahan di Kabupaten Ciamis,” papar orang nomor satu di Pemkab Ciamis ini.

Bupati Herdiat mengapresiasi enam pimpinan SKPD yang mengikuti uji kompetensi untuk jabatan sekda. Mereka, kata Bupati, luar biasa. Namun dia harus memilih satu di antara keenam pejabat tersebut.

“Maka kami memutuskan untuk aturan dan mekanisme yang ada untuk memilih atau menugaskan Dr H Tatang MPd untuk menjabat sebagai sekda,” kata Herdiat yang juga pernah menjabat Sekda Ciamis itu menjelaskan.

Usai menjalani pelantikan, Sekda Ciamis Dr H Tatang SPd menyampaikan bahwa pada dasarnya dia tinggal melaksanakan program yang telah dibuat pimpinan daerah.
“Kalau ada kekurangan kita koordinasikan dengan SKPD atau ruang lingkup setda itu sendiri,” kata dia menjawab.

Bupati Herdiat mengingatkan kepada sekda baru bahwa mempunyai tugas dan fungsi selaku pejabat yang berwenang, ketua Tim Penilai Kinerja ASN, ketua Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD), Selaku Penanggung Jawab Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD).

pengelola barang milik daerah, pengguna anggaran dan ex officio kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).
“Saya yakin (Dr H Tatang) akan mampu melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya,” ujar Bupati Herdiat.

Kepada istri sekda baru, Bupati mengingatkan mempunyai tugas yang melekat sebagai ketua Darma Wanita dan ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Ciamis.

“Ibu harus bisa men-support suami untuk melaksanakan tugas sebaik-baiknya serta mampu menjaga kondusivitas daerah Kabupaten Ciamis,” kata Bupati Herdiat berpesan. (isr)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.