Bupati Ciamis Upayakan Pilkades Serentak Digelar, Darsono: Jika Ditunda Akan Demo..

2303
0

CIAMIS  – Bupati Ciamis, Dr H Herdiat Sunarya MM menanggapi adanya surat edaran dari Mentri Dalam Negeri Republik Indonesia, Nomor 141/4528/SJ mengenai penundaan pelaksanaan pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak dan Pemilihan Kepala Desa Antar Waktu (PAW).

Pihaknya akan ke- Kemendagri berupaya agar Pilkades Ciamis bisa dilaksanakan, karena saat ini sudah masuk tahapan kampanye dan akan memasuki masa tenang.

“Kasihan pada calon kalau ditunda. Dan jika ditunda lagi, perhitungan kita malah lebih rawan, karena sebelumnya banyak para calon yang mengadu agar Pilkades secepatnya dilaksanakan,” ungkap Herdiat kepada wartawan di Pemda Ciamis, Selasa (11/08).

Bupati meyakinkan, bahwa seluruh panitia Pilkades di masing-masing desa telah berkomitmen untuk menjalankan protokol kesehatan.

“Bahkan kami telah menyusun regulasi agar Pilkades di Ciamis berjalan aman. terutama dalam pencegahan Corona,” kata Herdiat.

Herdiat menyampaikan bahwa untuk TPS saja yang biasanya 1 desa 1 TPS sekarang dibagi jadi 5 sampai 6 TPS per desa untuk pemungutan suara.

Karena, tujuannya untuk memecah kerumunan, bahkan masyarakat juga bergotong royong melaksanakan protokol kesehatan.

Bahkan selain itu, Ciamis bisa dikatakan zona hijau, karena tidak ada kasus Covid-19 selama beberapa Minggu ini.

“Selain itu pertimbangan lainnya, Pilkades harus dilaksanakan, karena tahapannya sudah memasuki masa tenang, berbeda dengan daerah lainnya yang belum memasuki tahapan,” paparnya.

Selain itu, kata dia, perhitungannya juga soal pengamanan dari Polres Ciamis yang membawahi dua wilayah.

“Makanya harus dilaksanakan sekarang agar keamanan nantinya bisa terfokus. Baik untuk Pilkades Ciamis maupun Pilkada Pangandaran,” terangnya.

Mudah-mudahan besok sudah ada keputusannya, agar Pilkades serentak di Ciamis dapat digelar sesuai jadwal.

Calon Kepala Desa Jelat Kecamatan Baregbeg Kabupaten Ciamis, Darsono mengaku kaget dengan adanya surat Mentri Dalam Negeri mengenai pengunduran Pilkades dan PAW Kades.

“Jika benar sampai diundur, tega sekali merusak calon. Ini surat undangan sudah disebar mas pilkadesnya ditunda. Jika ditunda akan demo lagi. Semoga saja tak diundur karena pemilihan cuman menghitung hari,” tuntas Darsono, yang juga Ketua Forum Masyarakat Peduli Pilkades (FMPP) Kabupaten Ciamis.

(iman s rahman)

Berita terkait : 
Herdiat Gagal Lobi Kemendagri, Pilkades Serentak di Ciamis Diundur, Ini Kata APDESI..
Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.