Belum Adanya Kepala Daerah Definitif, Kinerja Pemkab Tak Maksimal

Bupati dan Sekda pun Cukup

31
Drs H Abdul Kodir MPd

Siapa Presiden Pilihan Mu ?

SINGAPARNA – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tasikmalaya Drs H Abdul Kodir MPd mengatakan roda pemerintahan akan tetap bisa berjalan dengan baik walaupun tanpa adanya wakil bupati. Karena semuanya sudah mempunyai sistem masing-masing untuk menjalankan pelayanan kepada masyarakat.

“Ketika di Kabupaten Tasikmalaya hanya ada bupati dengan sekda pun cukup dan pemerintahan tetap berjalan. Tetapi itu urusan atau ranah politik bukan kami (eksekutif). Ya tetap berjalan walaupun cape lah kalau sendiri (tidak ada wakil, Red),” ujar Kodir kepada Radar, Senin (5/11).

Kodir menjelaskan dirinya sudah beberapa kali mengalami kondisi pemerintahan yang tidak lengkap, atau tanpa wakil bupati. “Zaman Pak Tatang kondisinya hampir sama, tapi roda pemerintahan tetap berjalan tanpa hambatan,” ungkapnya.

Pengamat sosial, politik dan pemerintahan Tasikmalaya Asep M Tamam menambahkan dalam roda pemerintahan idealnya unsur pimpinan atau kepala daerah diisi dan jangan dikosongkan untuk berjalannya kinerja yang optimal. “Saat ini saja belum ada bupati definitif masih dirasa belum sempurna berjalannya sebuah pemerintahan, walaupun kewenangan kepala daerah masih bisa dijalankan oleh Plt,” terangnya.

Lanjut dia, termasuk ketika nanti H Ade Sugianto dilantik menjadi bupati definitif alangkah baiknya langsung menentukan wakilnya. Supaya roda pemerintahan tidak berjalan monoton dan lebih berwarna dari segi kebijakan. “Karena menurut saya pada era Uu-Ade pun pemerintahan belum maksimal kinerjanya, apalagi sekarang belum ada bupati definitif dan wakil bupati,” jelasnya. (dik)

CALEG KITA

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.