Terkecuali Ada Persetujuan Tertulis Kemendagri

Mulai 8 Januari 2020, Bupati Pangandaran tak Boleh Rotasi-Mutasi Pejabat

201
0
PELANTIKAN. Proses pelantikan di setda Kabupaten Pangandaran beberapa waktu lalu. Deni Nurdiansah / Radar Tasikmalaya
PELANTIKAN. Proses pelantikan di setda Kabupaten Pangandaran beberapa waktu lalu. Deni Nurdiansah / Radar Tasikmalaya

PANGANDARAN – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Pangandaran telah melayangkan surat imbauan kepada Bupati Pangandaran H Jeje Wiradinata, terkait larangan pelantikan sebelum penetapan pasangan calon.

Ketua Bawaslu Kabupaten Pangandaran Iwan Yudiawan mengatakan berdasarkan Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016, disebutkan bahwa Gubernur dan Wakil Gubernur atau Bupati dan Wakil bupati, dilarang melakukan penggantian pejabat, enam bulan sebelum tanggal penetapan pasangan calon sampai dengan akhir masa jabatan.

”Terkecuali ada persetujuan tertulis dari menteri dalam negeri,” ujarnya kepada Radar, Minggu (5/1).

Menurut dia, penetapan pasangan calon dijadwalkan pada tanggal 8 Juni mendatang, itu berarti Bupati Pangandaran tidak diperbolehkan melakukan penggantian jabatan mulai 8 Januari kecuali ada izin tertulis dari menteri.

”Dalam Undang-Undang tersebut juga disebutkan jika larangan tersebut dilakukan, ada sanksi yang akan dijatuhkan berupa pembatalan sebagai calon,” jelasnya.

Surat imbauan yang dilayangkan tersebut, kata dia, sebagai upaya preventif terjadinya pelanggaran yang dimaksud. ”Jadi ada kekhawatiran akan terjadinya penyalahgunaan wewenang dalam menjalankan pemerintahan,” ujarnya.

Sementara itu, Komisioner Bawaslu Kabupaten Pangandaran Gaga Abdillah mengatakan pihaknya akan membuat posko aduan dan laporan yang diperuntukan bagi Apratur Sipil Negara (ASN) dan masyarakat, terkait dengan pelanggaran-pelanggaran dalam Pilkada 2020.

”Kami berharap kepada bupati untuk memberikan pemahaman tersebut kepada seluruh SKPD,” ujarnya.

Terpisah, Kepala BKPSDM Kabupaten Pangandaran Dani Hamdani mengatakan surat rekomendasi dari KASN terkait rotasi mutasi bisa diterima sebelum tanggal 8 Januari. ”Mudah-mudahan bisa segera diterima,” jelasnya. (den)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.