Siapa Calon bupati Tasikmalaya pilihan anda?
18%

82%

Bupati Garut Akan Awasi Aktivitas Galian C

17
0
H Rudy Gunawan

TAROGONG KIDUL – Bupati Garut H Rudy Gunawan akan mengawasi aktivitas pertambangan pasir atau galian C di wilayahnya. Itu untuk mengantisipasi adanya kejadian “hujan batu” seperti di Kabupaten Purwakarta.

“Saya tidak mau ada kejadian (hujan batu, Red) seperti di Purwakata. Jadi saya akan kontrol semua galin C ini,” ujar Rudy kepada wartawan, Jumat (11/10).

Menurut dia, pengawasan terkait pertambangan ini berada di Provinsi Jawa Barat. Maka dari itu, pihaknya sudah mengirimkan surat kepada provinsi. Surat yang dikirimkan itu untuk meminta Pemprov Jabar mengkaji keberadaan sejumlah galian C yang ada di Garut.

“Kami minta ada penelitian soal galian C itu. Aman atau tidaknya terkait keberadaan galian itu. Kami juga minta aktivitas pengeruk tanah itu jangan menggunakan peledakkan,” kata dia.

Rudy juga telah menginstruksikan Satpol PP untuk mengawasi semua galian C. Jika ada yang menggunakan bahan peledak, pihaknya akan memberikan sanksi tegas. “Banyak lokasi galian C di Garut itu. Yang cukup berbahaya itu ada di Leles dan Sukaraja, Banyuresmi,” ujarnya.

Anggota DPRD Garut Dadan Wandiansyah meminta agar perusahaan yang bergerak di bidang pertambangan lebih berhati-hati dan tidak lalai. Peristiwa di Purwakarta harus dijadikan contoh agar tak terjadi di Garut.

“Saya yakin soal izin pasti ditempuh lah. Namun dalam operasionalnya kan tetap saja harus diawasi,” ucapnya.

Dia mengaku akan melakukan peninjauan terhadap aktivitas tambang di Garut. Selain itu pihaknya, akan berkoordinasi dengan Pemprov Jabar selaku pemberi izin.

“Izinnya memang di Provinsi, tapi tetap saja pemerintah daerah juga punya keterkaitan. Jadi harus ikut mengawasi,” paparnya. (yna)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.