Khawatir, Alat Deteksi Dini Tsunami Rusak

Bupati Garut Belum Terima Laporan Kerusakan Akibat Gempa

19
0
Loading...

TAROGONG KIDUL – Gempa 5.1 SR mengguncang Kabupaten Garut sekitar pukul 06.12 Senin (6/1). Namun, Bupati Garut H Rudy Gunawan memastikan tidak ada kerusakan akibat gempa tersebut.

“Saya belum terima laporan kerusakan akibat gempa tadi pagi (kemarin). Dipastikan tidak ada,” ujar Rudy kepada wartawan kemarin.

Menurut dia, saat terjadi gempa memang ada sedikit kepanikan di wilayah selatan Garut, khususnya di pesisir pantai. Hal itu karena guncangan gempa sangat terasa. Meski begitu, kondisi masyarakat sudah kondusif karena tidak berpotensi tsunami.

Dia mengatakan apabila terjadi bencana alam, terutama di wilayah selatan, pihaknya sudah menyiapkan standar operasional (SOP) yang harus dilakukan.

“Kita sudah punya SOP ketika terjadi gempa, yang penting jiwanya dulu diselamatkan baru harta benda,” ujarnya.

Terpisah, Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Garut Tubagus Agus Sofyan menuturkan kejadian gempa tidak menimbulkan kerusakan. Meski begitu, dirinya mengaku khawatir dengan adanya gempa.

Hal itu karena delapan early warning system (EWS) atau alat peringatan dini tsunami yang dipasang di wilayah pesisir Kabupaten Garut dalam kondisi rusak.

Loading...

“EWS ini dipasang BNPB untuk mengantisipasi terjadinya tsunami di wilayah pesisir. Tetapi alat itu sudah rusak,” katanya.

Dia mengaku EWS di pesisir Garut sudah lama tak berfungsi. Anggaran Pemkab Garut tak mampu memperbaiki EWS.

“Butuh dana yang tak sedikit. Anggaran yang dimiliki pemkab belum bisa mengalokasikan pemeliharaannya,” ucapnya.

Pihaknya sudah meminta BNPB untuk memperbaiki EWS. Namun hingga kini belum ada tanggapan perbaikan EWS.

“Ada ranah BMKG juga soal EWS ini. Kalau kami di daerah hanya menggunakan saja,” katanya.

Sementara itu, kata dia ,Garut masih jadi daerah nomor dua rawan bencana di Jawa Barat. Pihaknya pun terus mengoptimalkan pengurangan risiko bencana. (yna)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.