Bupati: Ini Putusan Lucu

35
0
H Rudy Gunawan

TAROGONG KIDUL – Bupati Garut H Rudy Gunawan menilai vonis hukuman satu tahun terhadap Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kus terkait kasus pembangunan bumi perkemahan (buper) tak mendasar.

“Ini putusan lucu. Jaksa menganggap Pak Kus ini sebagai pelaku primer. Dia kan bukan pengusaha,” ujar Rudy kepada wartawan usai menghadiri rapat paripurna di DPRD Garut Jumat (22/11).

Menurut dia, dalam vonis itu PN Garut menyamakan posisi Kus sebagai pejabat dengan pengusaha. Padahal statusnya sangat berbeda. Dalam pasal 109 yang dijeratkan kepada kadispora, kata dia, sudah jelas setiap orang yang melakukan usaha. “Dia bukan sebagai pengusaha. Tapi malah divonis satu tahun karena dianggapnya seperti pengusaha,” katanya.

Rudy menyebut jika Kus akan segera mengajukan banding, pemkab akan membantu upaya banding itu. “Senin nanti (minggu depan) akan ajukan banding. Sudah bilang ke saya akan banding,” ujarnya.

Rudy menambahkan akan meyakinkan majelis hakim jika putusan satu tahun sangat keliru. Meski divonis bersalah, masih ada upaya hukum lain yang masih bisa ditempuh. “Akan yakinkan bahwa Kus tak punya kapasitas untuk dihukum,” ucapnya.

Sementara itu, sejauh ini pihaknya belum mengambil langkah apapun terkait jabatannya sebagai kadispora. “Keputusan hukumnya juga belum inkrah. Jadi posisi Pak Kus pun belum akan diganti,” ujarnya.

Sebelumnya, Majelis Hakim PN Garut yang diketuai Hasanuddin memutus Kus terbukti bersalah. Selain hukuman satu tahun, Kuswendi juga dikenakan denda satu miliar rupiah subsider empat bulan penjara.

Kuswendi dijerat Undang-Undang nomor 32 tahun 2009 pasal 109 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup (PPLH). Pasal 109 berbunyi, setiap orang yang melakukan usaha dan/atau kegiatan tanpa memiliki izin lingkungan sebagaimana dimaksud dalam pasal 36 ayat (1), dipidana dengan pidana penjara paling singkat satu tahun dan paling lama tiga tahun dan denda paling sedikit Rp 1.000.000.000 dan paling banyak Rp 3.000.000.000. (yna)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.